Pembelajaran partisipatif keterampilan berwirausaha untuk pemberdayaan ekonomi warga belajar kejar paket C

Dayat Hidayat, Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang Jalan HS. Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang 41361, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis data tentang kondisi empiris, proses, dan dampak pembelajaran partisipatif model keterampilan fungsional berwirausaha untuk pemberdayaan ekonomi warga belajar Kejar Paket C. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan analisis dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran partisipatif model keterampilan fungsional berwirausaha Kejar Paket C yang diikuti 20 orang warga belajar berjalan dengan baik. Proses pembelajaran partisipatif keterampilan berwirausaha melibatkan warga belajar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap kewirausahaan. Pembelajaran partisipatif keterampilan berwirausaha Kejar Paket C telah memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan berwirausaha warga belajar untuk meningkatkan kemandirian ekonomi keluarganya.

Kata Kunci: Pembelajaran Partisipatif, Keterampilan Fungsional Berwirausaha, Pemberdayaan Ekonomi.

 

Participatory Learning with Enterpreneurial Skills for the Economic Empowerment of Kejar Paket C Learners


Abstract

This study is aimed at analyzing the data of empirical conditions, process, and the impact of participatory learning with enterpreneurial functional skills model for economical empowerment of  Kejar Paket C learners. The study was conducted qualitatively with a case study method. The data collection techniques involved observation, interview and document analysis. The data were obtained through data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification.  The results of this study showed that the condition of participatory learning with enterpreneurial functional skills model followed by twenty learners of Kejar Paket C run properly. The participatory learning process of entrepreneurial skills engaged the learners in the planning, implementation, and assessment to improve their entrepreneurial knowledge, skills and attitudes. Participatory learning of entrepreneurial skills at Kejar Packet C has an impact on enhancing the learners’ enterpreneurial knowledge, attitudes and skills to increase their economic independence.

Keywords: Partisipatiory Learning, Enterpernerial Skills, Economic Empowerment.

Keywords


pembelajaran partisipatif; keterampilan fungsional berwirausaha; pemberdayaan ekonomi

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abdulhak, I. (1995). Metodologi pembelajaran pada pendidikan orang dewasa. Bandung: Cipta Intelektual.

Adimiharja, K. & Hikmat, H. (2004). Participatory research appraisal dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Bandung: Humaniora Utama Press (HUP).

Alma, B. (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Emzir. (2010). Metodelogi penelitian kualitatif. Analisis Data. Jakarta: Raja Grasindo.

Borg and Gall. (1979). Education research an introduction. New York: Allyn and Bacon Inc.

Cresswell, J.W. (2013). Research design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartika, I.A. (2011). Mengelola pelatihan partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Kamil, M. (2009). Pendidikan nonformal. Bandung: Alfabeta.

Lincolin, A. S., Elan. dkk. (2011). Strategi pembangunan perdesaan berbasis lokal. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Milles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Milan J.M. & Schumacher, S. (1997). Research in education. New York: Addison Wesley Longman. Inc.

Nasution, S. (1992). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito.

Sudjana, D. (2004). Pendidikan nonformal, wawasan, sejarah perkembangan, falsafah, teori pendukung, azas. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. (2004). Strategi kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan nonformal. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. (2004). Metode dan teknik pembelajaran partisipasif dalam pendidikan non formal. Bandung: Falah Production.

Sudjana, D. (2007). Manajemen program pendidikan, untuk pendidikan nonformal, dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Falah Production.

Suherman, E. (2010). Desain pembelajaran kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sumpeno, W. (2009). Sekolah masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryana. (2007). Kewirausahaan, pedoman praktis kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryono Y, & Sumarno. (2013). Pembelajaran kewirausahaan masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats