Peningkatan keterampilan motorik halus kelompok A melalui bermain playdough
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain playdough di TK Tunas Gading Yogyakarta. Keterampilan motorik halus anak terlihat dalam keterampilan jari-jemari membuat bentuk dari playdough, kemiripan bentuk playdough dengan obyek aslinya, dan ketepatan waktu dalam penyelesaian bentuk yang dibuat dari playdough. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain playdough dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Tunas Gading. Proses peningkatan keterampilan motorik halus melalui Kegiatan bermain playdough dilakukan selama tiga siklus. Perubahan atau modifikasi bermain playdough yaitu menyusun aktivitas bermain playdough sesuai dengan tema yang sedang berlangsung di TK Tunas Gading, variasi bentuk dan warna bahan dari playdough, dan pembelajaran secara kelompok. Peserta didik lebih aktif dan antusias selama mengikuti proses pembelajaran, mandiri dalam menyelesaikan tugas, dan pelaksanakan pembelajaran lebih menarik. Bermain playdough sebagai ide kreatif yang tepat digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak, dan peningkatan keterampilan diri dalam mengelola kelas dengan membuat anak-anak lebih fokus dan aktif melakukan latihan-latihan koordinasi antara mata dan tangan ketika membuat berbagai bentuk dari bahan playdough.
Kata Kunci: peningkatan keterampilan, motorik halus, bermain playdough
The Improvement of Fine Motor Skills Group A through Playing Playdough in Tunas Gading Kindergarten
Abstract
This research aims to improve fine motor skills through playing playdough in Tunas Gading kindergarten Yogyakarta. The skills will be seen in the fingers skills in shaping the playdough.The similarity of the object with the genuine object,and the timing when they shape the playdough. This research is a collaborative classroom action research by using Kemmis and Mc Taggart models. This research consisted of 3 cycles each of, which cycle of 3 meetings. The results showed that the activity of playdough playing can improve fine motor skills in early childhood 4-5 years in Tunas Gading kindergarten. The process of improving fine motor skills through play playdough activities conducted during three cycles. Changes or modifications to play playdough which is preparing to play playdough activity in accordance with the ongoing theme in Tunas Gading kindergarten, variations in shape and color of the material from playdough, and learning in groups. Learners are more active and enthusiastic during the learning process, independent in completing tasks, and implement learning more interesting. Playing playdough as appropriate creative ideas used to improve fine motor skills, and increasing skills in managing the classroom by making children more focused and active exercises coordination between eye and hand when making shapes out of playdough materials.
Keywords: improving skills, fine motor skills, playing playdough
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Carlson, F. (2005). Significance of touch in young children's lives. Journal of National Association for the Education of Young Children (NAEYC). Diakses tanggal 07/12/2015 dari http://www.jstor.org/stable/42729267
Erianto, D. (2013). Pembelajaran di lembaga TK lebih mengoptimalkan kemampuan calistung. Diakses tanggal 18 November 2014 dari http://bola.kompas.com/read/2013/05/14/09573490/Wajah.Guru.dalam.Tarikan.Kepentingan.
John, S. (2013). Factoring in fine motor: How improving fine motor abilities impacts reading and writing. Journal Of Illinois Reading Council Vol. 41, No. 4
Koralek, D. (2010). Learning through experience. Journal of National Association for the Education of Young Children (NAEYC). Diakses tanggal 26/11/2015 dari http://www.jstor.org/stable/42730533.
Sujiono, N.Y. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta. PT Indeks
Owens, A. (2008). Supporting children's development fine motor skills. Journal of National Childcare Accreditation Council. Diakses tanggal 06/05/2015 dari http://ncac.acecqa.gov.au/educator-resources/pcf-articles
Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Rahyubi, H. (2014). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media
Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Robinson, L., Webster, E., Logan, S., Lucas, W., & Barber, L. (2012). Teaching practices that promote motor skills in early childhood settings. Journal of Early Childhood Education. Diakses tanggal 13 Mei 2015 dari http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer7
Spanaki, I. (2014). Graphomotor skills of greek kindergarten and elementary school children: effect of a fine motor intervention program. Journal of Innovative Teaching. Volume 3, Article 2. Diambil pada tanggal 09 Oktober 2015, dari http://www.amsciepub.com/doi/pdf/10.2466/01.09.IT.3.2
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Depdiknas
Swartz, M. I. (2005). Playdough: What's standard about it? Young children. Journals of ProQuest Professional Education. 100-109. Diakses tanggal 11 Agustus 2015 dari http://eresources.perpusnas.go.id:205/ docview/197692915/E9A8D92A96A84AC8PQ/1?accountid=25704
Venetsanou, F. & Kambas, A. (2010). Environmental factors affecting preschoolers’ motor development. Journal of Early Childhood Education. Diakses tanggal 25 Februari 2016 dari http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.10031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.