Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional Engklek pada anak kelompok B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Tunas Gading Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam III siklus, subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Tunas Gading Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui unjuk kerja, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana, data di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bawa keterampilan motorik kasar anak usia dini dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional engklek. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak secara keseluruhan sebelum adanya tindakan meningkat dari 45, 8% dengan kategori kurang baik, menjadi 62,5% dengan kategori cukup pada siklus I, menjadi 77,08% dengan kategori baik pada siklus II, menjadi 95,83% dengan kategori baik pada siklus III.
I mproving gross motor skills through the Engklek traditional game for children of group B
Abstract
This study aims to improve the process and outcomes of learning as an effort to improve gross motor skills of children in group B at TK Tunas Gading Yogyakarta. This research is a classroom action research conducted in the third cycle, the subjects in this study is a protégé of group B TK Tunas Gading Yogyakarta academic year 2015/2016 the 16 children consisting of 7 men and 9 women. Data collected through the performance, observation and documentation. Data analysis techniques done by using simple descriptive statistics, the data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this study bring addressing the gross motor skills of early childhood can be enhanced through the traditional hopscotch game. The increase in gross motor skills of children in its entirety before any action to increase from 45, 8% with unfavorable category, to 62.5% with the category enough in the first cycle, being 77.08% with both categories at the second cycle, being 95.83% with both categories in the third cycle.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Abdurahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional. Yogyakarta: Javatilera.
Astriya, B., & Kuntoro, S. (2015). Pengembangan kreativitas dan minat belajar anak usia 3-4 tahun melalui permainan konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131 - 144. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/6329/6473
Kurtz, Lisa A. (2008). Visual perception problems in children with AD/HD, autism and other learning disabilities : a guide for parents and Professionals. London: Jessica Kingsley Publishers
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press
Purwanto, N. M. (2008). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorikdeskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media
Robinson, L.E., Webster, E.K., Logan, S. W., et al. W. (2012). Teaching practices that promote motor skills in early childhood settings. Early Childhood Educ J (2012) 40:79–86 DOI 10.1007/s10643-011-0496-3
Wiraatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rosdiani, D. (2012). Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Bandung: Alfabeta
Salirawati, D. (2011). Teknik analisis data PTK. Workshop Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam rangka Lustrum ke-3 SMA N 1 Mlati, Sleman, tanggal 7 Mei 2011 di Lab Fisika SMA N 1 Mlati
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.
Dharmamulyo, S. (2008). Permainan tradisional jawa. Yogyakarta: Kepel Press.
Sukoco, P. (2011). Pengaruh Pemecahan Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Senam Artistik. Cakrawala Pendidikan, November 2011, Th. XXX, No. 3
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.