WORKSHOP STEM-ECO PRINTING UNTUK MENGEMBANGKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP SISWA SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN TENGKU PANGLIMA PERANG TENGKU MUHAMMAD, PAHANG, MALAYSIA
Nur Sabrina Ahmad Azmi, International Islamic University of Malaysia, Malaysia
Muhamad Fahmi Yunus, International Islamic University of Malaysia, Malaysia
Rizqa Devi Anazifa, FMIPA UNY, Indonesia
Nur Aeni Ariyanti, FMIPA UNY, Indonesia
Abstract
Implementasi kurikulum berbasis STEM di Malaysia telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Lamanya pengalaman tidak membuat implementasinya menjadi lebih mudah. Tantangan dan perkembangan teknologi menjadikan implementasi pembelajaran berbasis STEM menjadi lebih menantang. Variasi pembelajaran agar dapat mencakup baik dari segi science, technology, engineering dan mathematics-nya adalah salah satu tantangan yang dihadapi. Eco-printing merupakan metode pewarnaan dengan memanfaatkan pewarna alami. Dalam implementasinya teknik ini memiliki seluruh aspek dalam pembelajaran STEM. Hasil yang diperoleh juga memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan adanya perkembangan pemanfaatan media social, diharapkan siswa juga dapat mengambil keuntungan di dalamnya. Oleh sebab itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alternatif implementasi konsep STEM dalam pembelajaran di sekolah sekaligus menumbuhkan jiwa wira usaha sebagai muara pembelajaran berbasis STEM. Metode yang digunakan adalah workshop dengan pemberian materi dan praktik langsung. Kegiatan workshop STEM eco-printing dalam kerangka implementasi kurikulum berbasis STEM dan dikaitkan dengan pendidikan kewirausahaan telah memberikan alternatif implementasi kurikulum berbasis STEM yang mengasyikkan dan bernilai ekonomi dengan tetap pengedepankan basic science yang menjadi pondasi utamanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N., Baskaran, V.L., Mustafa, Z., Ali, S.R., Zaini, S.H. (2022). Augmented Reality: The Effect in Students’ Achievement, Satisfaction and Interest in Science Education. The International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21 (9).
Ali, G., Jaaffar, A. R., & Ali, J. (2021). STEM education in Malaysia: Fulfilling SMEs’ expectation. In Modeling economic growth in contemporary Malaysia (pp. 43-57). Emerald Publishing Limited.
Bahrum, S., Wahid, N., Ibrahim. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7 (6).
Davis, J.P. Preservice teacher learning experiences of entrepreneurial thinking in a STEM investigation. Entrep Educ 2, 1–17 (2019). https://doi.org/10.1007/s41959-019-00009-0
Indrianingsih, A.W., & Darsih, C. (2013). Natural Dyes from Plants Extract and Its Applications in Indonesian Textile Small Medium Scale Enterprise. Eksergi, 11(1), 16-22.
Jamil, N.L., Mahmud, S.R.D. (2019). Self-Efficacy Relationship on Science Achievement amongst National Secondary School Students, Creative Education, 10(11).
Rahayu, M., Kuncari, E.M., Rustiami, H., & Susan, D. (2020). Utilization of plants as dyes and natural color binder in Traditional Pringgasela Woven Fabric, East Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. Biodiversitas, 21(2), 636-641.
Saraswati, R., Susilowati, M.H., Restuti, R.C. & Pamungkas, F.D. (2019). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Departemen Geografi FMIPA UI: Depok.
Siew, Y.M., & Jamilah. (2022). The Development of Entrepreneurial Thinking in STEM Education: A Teaching and Learning Module for Elementary Students. Proceedings of the 17th European Conference on Innovation and Entrepreneurship
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.68028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: