Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran dan Kuis Interaktif Berbantuan Software Lumi
Bambang Sumarno Hadi Marwoto,
Program Studi Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Sri Andayani,
Program Studi Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Nur Hadi Waryanto,
Program Studi Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Thesa Adi Saputra Yusri,
Program Studi Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pemerintah perlu terus mengoptimalkan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi Covid-19, terutama dalam konteks pendidikan. Penting untuk mendorong penggunaan konten pembelajaran daring atau model hybrid/blended guna memaksimalkan fasilitas TIK sebagai sumber belajar. Saat ini, sebagian besar video pembelajaran masih kurang interaktif karena cenderung hanya menyampaikan materi tanpa memberikan interaksi siswa.
Perkembangan kuis untuk materi matematika juga menghadapi tantangan, terutama terkait kurangnya dukungan dari perangkat lunak yang memadai. Software bantu seperti Lumi menawarkan solusi dengan kemampuannya menghasilkan konten pembelajaran yang dapat diakses secara online maupun offline. Lumi juga memudahkan guru dalam pengembangan konten pembelajaran tanpa memerlukan kemampuan pemrograman tinggi.
Pelatihan pengembangan video pembelajaran dan kuis interaktif dengan bantuan Lumi diharapkan dapat membuka wawasan guru terhadap potensi dan kemudahan penggunaan software ini. Penggunaan Lumi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan memungkinkan mereka melakukan aktivitas atau interaksi saat menonton video pembelajaran. Kuis yang lebih menarik dan interaktif juga dapat meningkatkan perhatian siswa serta memberikan hasil evaluasi pembelajaran yang lebih bermakna.
Kemampuan guru dalam mengembangkan konten pembelajaran dengan Lumi dapat menjadi tambahan berharga dalam kumpulan software bantu pengembangan. Video dan kuis interaktif yang dihasilkan dapat menjadi pengaya dalam pembelajaran offline, online, maupun model blended. Pelatihan ini bertujuan memberi wawasan tambahan kepada guru matematika tentang potensi penggunaan Lumi dalam pengembangan media pembelajaran, dengan fokus pada pembuatan video dan kuis interaktif.