Peningkatan Profesionalisme Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak melalui Pelatihan Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Visualisasi Augmented Reality (AR)

Dina Dina, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Isti Yunita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jaslin Ikhsan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Cahyorini Kusumawardani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kun Sri Budiasih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme komite pembelajaran sekolah penggerak melalui pelatihan sumber belajar berbasis visualisasi AR. Sejumlah 35 komite pembelajaran pada sekolah dasar di Gunung Kidul menjadi khalayak sasaran pada kegiatan ini. Pengabdian dikemas berupa pelatihan yang dilaksanakan dengan beberapa metode pelaksanaan, yaitu ceramah dan latihan, penugasan dan pendampingan, serta tes dan angket dan terbagi dalam tiga kali pertemuan. Teknologi yang dilatihkan yaitu Canva dan Assemblr Studio yang memungkinkan guru untuk membuat sumber belajar yang interaktif dengan menyematan objek 3D. Instrumen yang digunakan berupa soal pretes dan postes, lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, lembar penilaian produk, dan angket evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase observasi kognitif sebesar 85%, observasi psikomotor sebesar 80,36%, dan penilaian produk sebesar 93, 21%. Hasil pretes menunjukkan skor rata-rata peserta sebesar 54,71 mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan pelatihan menjadi sebesar 83,94 pada skor rata-rata postes. Dapat disimpulkan bahwa kegatan pengabdian mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Secara umum, peserta merasa bahwa kegiatan yang dilakukan memberikan manfaat tidak hanya pada peningkatan pengetahuan (theoritical knowledge), melainkan juga keterampilan (practical how to) terkait pengembangan sumber belajar dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka.


Keywords


profesionalisme guru, augmented reality (AR), komite pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.67536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo