Pelatihan Penyusunan Soal Fisika berbasis Literasi Sains dalam Rangka mendukung Keberhasilan AKM Level 5 untuk Guru Fisika SMA Kabupaten Malang

Ardiana Hanatan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Khusaini Khusaini, Universitas Negeri Malang
Sentot Kusairi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sulur Sulur, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan soal Fisika berbasis literasi sains pada guru Fisika yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika (MGMP) Kabupaten Malang. Pelatihan tersebut dilakukan untuk mendukung keberhasilan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau level 5. Pelatihan dilakukan secara secara blended learning selama 32 jam yang diikuti oleh 40 peserta. Peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan yang dilakukan. Adanya pelatihan yang dilakukan membuat para guru memiliki beragam rencana untuk melakukan asesmen pembelajaran Fisika di sekolah.  Antusiasme para peserta yang tinggi tercermin dalam feedback yang diberikan bahwa diperlukan adanya pelatihan lanjutan.


Keywords


Fisika, literasi sains, AKM

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2015, Sekilas SDGs, dikutip dari https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/, diakses pada 2 Maret 2022.

Anonim, 2021, Pendidikan adalah Rekayasa Sosial Membangun Keadaban, dikutip dari https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/pendidikan-adalah-rekayasa-sosial-memba ngun-keadaban, diakses pada 2 Maret 2022.

Astuti S. P., 2015, Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika, Jurnal Formatif 5 (1) p. 68-75.

Ausubel D. P., 1960, The Use of Advance Organizers in The Learning and Retention of Meaningful Verbal Material, Journal of Educational Psychology Vol. 51 No. 5 267-272.

Cowie B., Bell B., 2002, Formative Assessment and Science Education, Kluwer Academic Publishers.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2021, Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021, Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Kusairi S., 2020, Asesmen Formatif, Malang: e-book.

Nutwulandari N., 2018, Pembelajaran Fisika berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi, Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual Vol. 2 No. 2.

Mukharomah F., Wiyanto, Putra N. M. D., 2021, Analisis Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak Lurus di Masa Pandemi Covid-19, JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics 6, 1 p. 11-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo