Workshop Bencana Tanah Longsor untuk Guru-Guru IPA Sekolah Dasar di Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo

Khafidh Nur Aziz, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Ruwanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparno Suparno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Denny Darmawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wipsar Sunu Brams Dwandaru, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang rentan akan bencana tanah longsor. Di Kecamatan Samigaluh terdapat lokasi longsor yang terpanjang akibat badai yang disebabkan oleh Siklon Tropis. Jumlah penduduk yang tidak sedikit serta didukung oleh kondisi geologi di wilayah tersebut menyebabkan masyarakat membutuhkan data mitigasi bencana untuk mengetahui pola persebaran longsor pada wilayah tersebut. Kegiatan Program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman peserta mengenai penyebab, karakteristik, dan proses terjadinya tanah longsor; 2) meningkatkan pemahaman peserta mengenai tanah longsor dari hasil penelitian tentang analisis gerakan tanah berdasarkan data mikrotremor di Kecamatan Samigaluh; 3) meningkatkan pemahaman peserta tetang mitigasi bencana apabila terjadi tanah longsor; dan 4) mewujudkan masyarakat sadar bencana. Program Dosen di Luar Kampus ini bersifat workshop dan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, pengenalan aplikasi InaRISK, dan pembagian angket. Peserta sosialiasi bencana tanah longsor ini adalah guru-guru IPA sekolah dasar di lingkungan Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Hasil yang diperoleh dari Dosen Berkegiatan di Luar Kampus ini adalah 1) meningkatnya pemahaman peserta mengenai penyebab, karakteristik, dan proses terjadinya tanah longsor; 2) meningkatnya pemahaman peserta mengenai tanah longsor dari hasil penelitian tentang analisis gerakan tanah berdasarkan data mikrotremor di Kecamatan Samigaluh; dan 3) meningkatnya pemahaman peserta tentang mitigasi bencana apabila terjadi tanah longsor; dan 4) baru 10% Sekolah Dasar di Kecamatan Samigaluh yang telah siap siaga menghadapi bencana tanah longsor.

Keywords


sosialisasi bencana tanah longsor; Guru IPA Sekolah Dasar; Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo

Full Text:

PDF

References


Behlert, B., Diekjobst, R., Felgentreff, D. C., Manandhar, T., Mucke, P., Pries, P. D. L., … Weller, D. (2020). World Risk Report 2020: Forced Displacement and Migration. Retrieved From Https://Reliefweb.Int/Sites/Reliefweb.Int/Files/Resources/Worldriskreport-2020.Pdf

BMKG. (2020). Tren Kejadian Bencana Hidrometeorologi dalam 10 Tahun Terakhir. https://iklim.bmkg.go.id/publikasi-klimat/ftp/brosur/Leaflet%20Hidrometeorologi.pdf. Diakses pada tanggal 2 Maret 2022.

BMKG. (2022). Potensi Ancaman Bencana. https://www.bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana. Diakses pada tanggal 1 Maret 2022.

BNPB. (2020). Peta Rawan Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Kulon Progo. https://bpbd.kulonprogokab.go.id/detil/361/peta-rawan-bencana-longsor-kabupaten-kulon-progo. Diakses pada tanggal 3 Maret 2022.

BNPB. (2022). Geopl Bencana Indonesia. https://gis.bnpb.go.id/. Diakses pada tanggal 3 Maret 2022.

FEMA. (2022). Natural Hazards. https://hazards.fema.gov/nri/natural-hazards#:~:text=Natural%20hazards%20and%20natural%20disasters,it%20significantly%20harms%20a%20community. Diakses pada tanggal 1 Maret 2022.

Hermon, D. (2012). Mitigasi Bencana Hidrometeorologi. Padang: UNP Press.

Hermon, D. D. (2015). Geografi Bencana Alam. Jakarta.

Plummer, C.C., Carlson, D.H., & Hammersley, L. 2016. Physical Geology 15th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Reynold, S.J. & Johnson, J.K. (2019). Exploring Earth Science 2nd Edition. New York: Mc Graw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo