Pengaruh Cahaya Terhadap Proses Fotosintesis pada Tanaman Naungan Dan Tanaman Terpapar Cahaya Langsung

Maftukhah Maftukhah, IAIN KUDUS, Indonesia
Ulfa Ulf turrohmah, IAIN KUDUS, Indonesia
Nurul Izzatush Sholikhah, IAIN KUDUS, Indonesia
Ul Ulya Fawaida, IAIN KUDUS, Indonesia

Abstract


Fotosintesis adalah proses memasak makanan bagi daun untuk memperoleh energi.dalam proses fotosintesis berlaku pada daun yang memiliki zat hijau daun. Sejauh ini kita mengetahui bahwa proses fotosintesis membutuhkan cahaya. Namun dengan seiring perkembangan waktu pemahaman tersebut diperdalam oleh para pengajar dan  menekankan pada siswa bahwa fotosintesis tidak hanya berlangsung dengan naungan cahaya melainkan juga bisa tanpa cahaya. Prses fotosintesis terjadi melalui dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Dengan proses fotosintesis tumbuhan dapat melangsungkan kehidupannya. Penelitian literatur bertujuan memberikan kepahaman pada siswa yang lebih mendetail dengan bantuan visual agar siswa mampu memahami lebih dalam materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan acuan beberapa jurnal yang telah didapatkan.

Kata kunci: Fotosintesis, reaksi terang, reaksi gelap


Full Text:

PDF

References


Daniel, E, dan N Warsiah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium PKn UPI.

Handoko, Papib, dan Yunie Fajariyanti. 2013. “Pengaruh Spektrum Cahaya TampakTerhadap Laju Fotosintesis,” 9.

Lakitan, B. 2007. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Raja Grafindo Persada.

Nurmaeli, RR Ersi, dan Moh. Taifur. 2015. “Analisis Penentuan Kandungan Gas Oksigen (O2) Fotosintesis Tanaman Gelombang Cinta (Anthuriumsp) Pada Variasi Daya Lampu.” TAMAN VOKASI 1 (1). https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i1.265.

Suyatman, Suyatman. 2021. “Menyelidiki Energi Pada Fotosintesis Tumbuhan.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 9 (2): 134. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50085.

Yustiningsih, Maria. 2019. “Intensitas Cahaya dan Efisiensi Fotosintesis pada Tanaman Naungan dan Tanaman Terpapar Cahaya Langsung.” Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi 4 (2): 44–49. https://doi.org/10.32938/jbe.v4i2.385.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i1.51510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo