Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Bahan Pewarna Alami untuk Pembuatan Produk Jilbab Ecoprint di Perumahan Pasir Luhur Permai

Eti Wahyuningsih, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Gita Anggraeni, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Abstract


Salah satu Kecamatan di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah Indonesia, yang memanfaatkan sebagian lahannya untuk pekarangan, pertanian lahan kering dan lahan basah, perkebunan dan hutan tropis adalah Kecamatan Purwokerto Barat. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan jilbab ecoprint, penyuluhan tumbuhan sebagai bahan pewarna alami dan penyuluhan manajemen pemasaran. Program kemitraan masyarakat ini akan dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan April sampai September 2021. Target setelah dilakukan pelatihan pembuatan jilbab ecoprint, penyuluhan tumbuhan sebagai bahan pewarna alami dan penyuluhan manajemen pemasaran, organisasi masyarakat Pimpinan Anak Cabang (PAC) fatayat NU Purwokerto Barat ini dapat berkembang sebesar 80 %. Program kemitraan masyarakat ini di awali dengan observasi (survei) wawancara dengan Ketua organisasi masyarakat pimpinan anak cabang fatayat NU Purwokerto Barat. Kemudian dilakukan analisis yaitu pendampingan produksi jilbab ecoprint dan manajemen pemasarannya.

Kata kunci: Pemanfaatan tumbuhan, Bahan pewarna alami, Jilbab ecoprint, dan Perumahan pasir luhur permai


Keywords


Pemanfaatan tumbuhan, Bahan pewarna alami, Jilbab ecoprint, dan Perumahan pasir luhur permai

Full Text:

PDF

References


Fadhil, S. (n.d.). Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Berbasis Pengetahuan dan Kearifan Lokal (Local Wisdom) di Kalimantan, 72-92. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/19601-ID-pengelolaan-sumber-daya-alam-dan-lingkungan.pdf.

Husodo, T. (1999). Peluang Zat Pewarna Alami untuk Pengembangan Produk Industri Kecil dan Menengah Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

International Labour Organization. (2017). Pelatihan Keterampilan Pedesaan: Manual Generik Pelatihan untuk Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan (TREE).

Pujilestari, T. (2014). Pengaruh Ekstraksi Zat Warna Alam dan Fiksasi terhadap Ketahanan Luntur Warna pada Kain Batik Katun. Dinamika Kerajinan dan Batik 31(1).

Rostiana, O., E. Hadipoentyati, dan Abdullah. (1992). Potensi Bahan Pewarna Alami di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Yernisa, G. (2013). Aplikasi Pewarna Bubuk Alami dari Ekstrak Biji Pinang (Areca catechu L.) pada Pewarna Sabun Transparan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian 23 (3). 190-198.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo