Pelatihan Pembuatan Media Interaktif untuk Pembelajaran Fisika Bermakna di Masa Pandemi untuk Guru Fisika SMA Kabupaten Kediri

Ardiana Hanatan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Endang Purwaningsih, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Purbo Suwasono, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sentot Kusairi, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media interaktif pada para guru Fisika yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika (MGMP) Kabupaten Kediri. Diberikan pula pelatihan mengenai moodle, pendalaman materi Fisika, dan juga Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK). Pelatihan dilakukan secara blended learning selama 32 jam yang diikuti oleh 36 peserta. Peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan yang dilakukan. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam persiapan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh guru sebelum diadakannya pelatihan dan setelah diadakannya pelatihan. Antusiasme para peserta yang tinggi tercermin dalam feedback yang diberikan bahwa diperlukan adanya pelatihan lanjutan.


Keywords


Media interaktif; TPACK; Moodle; Fisika

Full Text:

PDF

References


UNESCO, 2020, COVID-19 Impact on Education. Retrieved from https://en.unesco.org/covid19/educationresponse.

Williamson B., Eynon R., dan Potter J., 2020, Pandemic Politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency, Learning Media and Technology Vol. 45 No. 2 107-114.

Rahayu R. P. dan Wirza Y., 2020, Teacher’s Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 20 No. 3 392-406.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020, Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ausubel D. P., 1960, The Use of Advance Organizers in The Learning and Retention of Meaningful Verbal Material, Journal of Educational Psychology Vol. 51 No. 5 267-272.

Konig J., Jager-Biela D. J., dan Glutsch N., 2020, Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany, European Journal of Teacher Education 1-15.

Mieshra P. dan Koehler M. J., 2006, Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge, Teacher Collage Record Vol. 108 No. 6 1017-1054.

Klein P., Ivanjek L., Dahlkemper M. N., Jelicic K., Geyer M. A., Kuchemann S., dan Susac A., 2021, Studying physics during the COVID-19 pandemic: Student assessments of learning achievement, perceived effectiveness of online recitations, and online laboratories, Physical Review Physics Education Research Vol. 17.

Krismadinata K., Elfizon E., dan Santika T., 2018, Developing Interactive Learning Multimedia on Basic Electrical Measurement Course, Advances in Social Science, Education and Humanities Research Vol. 299 305-308.

Shen O., Chung J. K., Chialis D., dan Cheung R. T. J., 2007, Comparative Study of Student Performance in Traditional Mode and Online Mode of Learning, Journal of Computer Applications in Engineering Education Vol. 15.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.45213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo