Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Model Three Level Marketing Menuju Lansia Sehat dan Mandiri

Rachmah Laksmi Ambardini, UNY, Indonesia
BM Wara Kushartanti, UNY, Indonesia
Rita Eka Izzati, UNY, Indonesia
Tutiek Rahayu, UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Lansia dengan penyakit degeneratif cukup tinggi. Di sisi lain, tingkat kemandiriannya rendah. Kader posyandu berada di garda terdepan dalam menerapkan pola hidup sehat di masyarakat. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu lansia dalam menerapkan pola hidup sehat pada lansia. Program ini menggunakan model “Three Level Marketing” yaitu tim pengabdian menyampaikan materi kepada kader posyandu lansia, kemudian kader mensosialisasikan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pola hidup sehat kepada lansia di lingkungannya, sehingga pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pola hidup sehat semua lansia di wilayah itu meningkat. Sasaran peserta PPM adalah 32 kader posyandu lansia di wilayah padukuhan Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman. Materi PPM adalah penerapan pola hidup sehat pada lansia. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan angket pengetahuan, sikap, dan perilaku dalam menerapkan pola hidup sehat dan angket kepuasan pelanggan. Data dianalisis secara deskriptif dan analitis. Hasil kegiatan PPM dari aspek proses dinilai berhasil. Hal ini terlihat dari kehadiran seluruh kader lansia yang berjumlah 32 orang dan seluruh kader berpartisipasi aktif selama kegiatan PPM. Dilihat dari aspek produk, semua elemen menunjukkan peningkatan yang signifikan (p<0,05). Total kenaikannya adalah 8,53%, dari 84,9% menjadi 93,43%. Unsur pengetahuan mengalami peningkatan tertinggi (12,21%), diikuti unsur sikap (8,1%) dan perilaku (4,32%). Secara umum, program pengabdian masyarakat ini berjalan dengan sukses. Para peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang pola hidup sehat bagi lansia.

Kata kunci: Model three level marketing, pola hidup sehat, lansia.


Keywords


Model three level marketing, pola hidup sehat, lansia.

Full Text:

XML PDF

References


Depkes. 2012. Buku Pegangan Kader Posyandu. www.promkes.depkes.go.id.

Dita Wulandari. 2018. “Peran kader dalam meningkatkan kesejahteraan lansia melalui posyandu lansia Bhakti Ananda di dusun Pengkol, Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo”. Jurnal Pendidikan LuarSekolah. Vol. VII, No.6: 708-720.

Riskesdas. 2018. Hasil Utama Riskesdas. Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Tutiek Rahayu, Tri Harjana, dan Yuliati. 2017. Pemberdayaan Kader Posyandu Balita Melalui Model Three Level Marketing Deteksi Dini Kelainan Tumbuh Kembang Anak. PPM UNY 2017.

Yin, Z., Geng G., Lan X., Zhang L., Wang, S., Zang Y., & Peng, M. 2013. Status and determinants of health behavior knowledge among the elderly in China: A Community-Based Cross-Sectional Study. BMC Public Health. 13:710.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.44316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo