Sistem Informasi Pendataan data Kependudukan Warga dan Pasar Online untuk UMKM Desa Sukorejo, Buduran Berdasarkan Program Smart Village

Iwan - Santoso, Bhayangkara University, Indonesia
Adi - Pramono, , Indonesia

Abstract


Dalam Menghadapi kemajuan teknologi yang begitiu pesat saat ini khusunya perkembangan Iptek yang semakin maju dan juga kemudahan akses dalam setiap masyarakat maka  sangat dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa mendiskripsikan desa tersebut. Hal ini dikarenakan didalam aktivitas data kependudukan terhadap masyarakat masih dilakukan secara manual, Para perangkat desa Sukorejo biasanya melakukan data kependudukan dengan cara meminta Kartu Keluarga (KK) ke tiap-tiap warga kemudian di lakukan pendataan. Sedangkan untuk Pasar Online lingkup pemasarannya masih terbatas. Kondisi ini tentunya berdampak terhadap kurang maksimalnya kinerja perangkat desa di dalam melayani masyarakat dan terbatasnya akses keluar yang memiliki usaha UMKM. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membuatkan aplikasi yang bisa meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam mendata kependudukan warga dan juga memasarkan produk UMKM yang ada diwilayah Sukorejo. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah metode pelatihan, praktek serta tanya jawab. Sedangkan khalayak sasaran adalah warga desa khususnya perangkat desa Sukorejo, dan pengelola UMKM yang ingin memaksimalkan potensi yang ada dengan dibuatkanya aplikasi data kependudukan dan pasar online. Dengan diadakannya Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pelatihan dalam penggunaan Sistem Informasi ini khususnya perangkat desa Sukorejo dapat mempermudah serta meningkatkan kinerja perangkat desa secara lebih maksimal dalam memberikan layanan kepada masyarakat sesuai yang di inginkan pemerintah serta dapat meningkatkan pendapatan UMKM yang ada diwilayah Sukorejo.


Keywords


data kependudukan, aplikasi, kemajuan desa, kkn tematik, pasar online

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.37334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo