Pelatihan Aplikasi Inventaris Barang Untuk Poliklinik Pemulung Di Kawasan Pemakaman Rangkah, Surabaya

Faried Effendy, Universitas Airlangga, Indonesia
Barry Nuqoba, Universitas Airlangga, Indonesia
army justitia, Universitas Airlangga, Indonesia
Indah Werdinigsih, Universitas Airlangga, Indonesia

Abstract


Poliklinik ‘Pemulung” merupakan poliklinik yang berdiri atas kerjasama YDSF (Yayasan Dana Sosial Al-Falah) dan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia). Pokliklinik ini memberikan jasa dokter dan obat secara gratis kepada masyarakat pemulung di wilayah makam rangkah. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya penguasaan admin poliklinik pada proses inventarisasi. Admin poliklinik merupakan warga sekitar yang dibina secara otodidak oleh pihak dokter BSMI, sehingga pengetahuan dan wawasan beliau masih dirasa kurang. Beberapa proses yang tidak efektif diantaranya: proses pencatatan yang hanya dilakukan pada selembar kertas/ buku yang sering mengakibatkan ketidak-sinkronan antara data dengan aset, hilangnya aset karena peminjaman aset yang tidak dicatat, buku catatan aset rusak/ hilang sehingga aset harus didata ulang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan Focus Group Discussion (FGD) yang meliputi pelatihan, pembinaan dan evaluasi untuk memantau keberhasilan kegiatan menggunakan metode observasi. Materi yang disampaikan meliputi proses inventarisasi yang benar dan optimal dengan menggunakan Sistem Informasi Inventaris Barang, pembuatan laporan sederhana dengan Microsoft Excel. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu peningkatan wawasan dan kompetensi admin poliklinik di bidang Inventaris Barang.

Keywords


Poliklinik pemulung; Sistem Informasi Inventaris; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Effendy, Faried, and Purbandini Purbandini. 2018. “Klasifikasi Rumah Tangga Miskin Menggunakan Ordinal Class Classifier.” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi 4(1): 30–36. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v4i1.2018.30-36.

Effendy, Faried, and Barry Nuqoba. 2016. “Sistem Monitoring Online Untuk Perusahaan Multi Cabang.” Jurnal ProTekInfo 3(1): 55–59. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/view/59.

Effendy, Faried, Eto Wuryanto, and Livia Felisia Marentina. 2019. “Penerapan Model Technology-to-Performance Chain Pada Cyber Campus.” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) 5(2): 176. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/32684.

Gutmans, A., Bakken, Stig S., dan Rethans, Derick, 2004, PHP 5 Power Programming, Prentice Hall.

Hoffer, Jeffrey. A., George, Joey. F., Valacich, Joseph. S., 2007, Modern System Analysis and Design 5th edt, Prantice Hall.

Kendall, Kenneth. E., Kendall, Julie. E., 2008, Systems Analysis and Design 7th edt, Prentice Hall.

Kroenke, D M. (2008). Experiencing MIS. Prentice-Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Wibowo, Adhi “Pengelolaan Inventaris”, 2008, https://adhiewibowo.wordpress.com/2008/10/10/pengelolaan-inventaris-muhammadiyah/




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.26869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo