Pelatihan Penggunaan Cabri 3D Pada Mata Kuliah Geometri

Septia Wahyuni, STAIN Gajah Putih Takengon, Indonesia
Elfi Rahmadhani, STAIN Gajah Putih Takengon

Abstract


Cabri 3D adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran geometri, misalnya menggambar bangun ruang, penentuan letak titik, penentuan letak garis, perhitungan luas serta volume bangun ruang secara cepat, tepat dan akurat. Peserta pelatihan adalah mahasiswa prodi Tadris Matematika semester V, yang merupakan para calon guru matematika yang dituntut untuk  menguasai konsep geometri secara baik. Software Cabri 3D ini dapat membantu mahasiswa untuk memperdalam kemampuan analisis pada materi geometri. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi tutorial dan praktek secara langsung. Berdasarkan pengamatan dan diskusi dengan peserta pelatihan, tampak bahwa peserta bersemangat dan antusias mengikuti pelatihan. Hasil pelatihan ini peserta mendapat pengetahuan secara teoritis dan memiliki kemampuan mengggunakan software Cabri 3D pada materi geometri. 


Keywords


Cabri 3D, Geometri, Mahasiswa Matematika

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Faisal, M Abduh dan Aditya Nusasongko. Modul Penerapan Cabri 3D dalam Pembelajaran Matematika. Cabrilog

Priska, Amalia Gisza dan M. Andy Rudhito. Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Cabri 3D dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sudut Garis dan Bidang. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII. Vol. 4, No.1, ISSN: 2087-0922. UKSW

Widodo, Suprih dan Asep Sopian. Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus dalam Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Pada Pokok Bahasan Geometri. Jurnal Pendidikan Dasar. No. 8 Oktober 2007




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo