Workshop Praktikum Sederhana Bagi Guru-Guru SD Kelas 4 Dan 5 Berbasis Pemanfaatan Limbah Di Kabupaten

R. Yosi Aprian Sari, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia
Denny Darmawan, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia
Rida Siti Nur'aini Mahmudah, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No. 1, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pembelajaran IPA tidak harus dilakukan di dalam kelas, ataupun dengan menggunakan peralatan laboratorium yang bagus dan canggih apalagi terkomputerisasi. Pembelajaran IPA bisa dilakukan di luar kelas dan dapat dilakukan berbagai bentuk kegiatan, antara lain kegiatan praktikum. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menyegarkan kembali jenis-jenis praktikum yang bisa dilakukan sekaligus untuk memperkuat pemahaman konsepnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah agar guru-guru bisa berinovasi dan berimprovisasi merancang kegiatan pembelajaran anak-anak khususnya kelas 4 dan 5 terutama yang berkaitan dengan praktikum IPA.Kegiatan ini dilakukan berupa percobaan yang dilakukan secara berkelompok dan diawali dengan memberikan modul yang berisikan panduan pelaksanaan praktikum dan diakhiri penjelasan dan pemaknaan fisisnya. Kegiatan ini dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Adapun jenis praktikum yang dilakukan adalah Mekanika (GLB dan GLBB), Kalor (Perubahan Wujud Benda), Gelombang, Optika (lensa dan cermin), Listrik dan Magnet, Bumi dan Alam Semesta, dan Balon Gas. Evaluasi yang dilakukan selama kegiatan ini terdiri dari 2 bentuk, yaitu evaluasi kinerja yang dilakukan oleh tim dan evaluasi berupa kuisioner yang diisi oleh peserta guru-guru. Dari evaluasi kinerja, peserta yang guru-guru SD sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan rata-rata nilai aktivitas 83,30 masuk dalam kategori baik dan nilai evaluasi guru selama kegiatan berlangsung 91,46 masuk dalam katagori sangat baik. Sedangkan dari kuisioner yang diberikan oleh guru-guru, pelatihan sejenis sangat diperlukan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan khususnya praktikum IPA khususnya dalam merancang alat praktikum sederhana yang berasal dari lingkungan sekitar.

 

Kata kunci: praktikum IPA, proses pembelajaran IPA.

 

Simple Experiment Workshop for Elementary School Teachers of Class 4 And 5 Based on Waste Utilization in Bantul Distric

 

Abstract

           Science learning does not have to be done in the classroom, or by using good and sophisticated laboratory equipment let alone computerized. Science learning can be done outside the classroom and can be done various forms of activities, such as experiment activities. The main purpose of this activity is to re-type the kinds of experiment that can be done as well as to strengthen the understanding of the concept. While the other goal is for teachers to innovate and improvise the activities that are being built with the science lab.This activity is carried out with experiments conducted in groups and begins by providing a module that contains guidelines for the implementation of the practicum and the end of explanation and the physical meaning. This activity is done in the classroom and outside the classroom. The types of experiment performed are Mechanics (GLB and GLBB), Calor (Change of Being), Waves, Optics (lens and mirror), Electricity and Magnetism, Earth and Universe, and Gas Balloon.Evaluation done during the workshop consisted of 2 forms, they were performance evaluation done by the team and questionnaire for the participant. From performance evaluation, the participant got average activity score of  83,30 which is categorized as good and the evaluation of teachers during the course of 91.46 is included in the category very well. From questionnaire, the workshop is needed to add experience and knowledge in science.

Keywords:

 

Keywords: science experiment, science instruction


Keywords


praktikum IPA, proses pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah

Marpaung M. ”Memangnya Sains Itu Serius? (http://netsains.Com/2008/04/Memangnya-Sains-Itu-Serius

Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

R. Yosi Aprian Sari, dkk. (2016). Pelatihan Praktikum IPA SD Bagi Guru-Guru SD Yang Bukan Memiliki Latar Belakang IPA SD Di Kabupaten Bantul, JPPM FMIPA UNY




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v2i2.21921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo