Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika dan IPA bagi Guru SD dan SMP di Desa Tanjung Saleh

syarifah fadillah, IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
Wahyudi Wahyudi, IKIP PGRI Pontianak
Nurhayati Nurhayati, IKIP PGRI Pontianak

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk melatih guru matematika dan IPA SD dan SMP di sekolah mitra untuk membuat media pembelajaran berupa alat peraga sederhana dan menggunakannya dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis scientific approach. Kegiatan pengabdian ini berbentuk pelatihan, simulasi, dan ujicoba alat peraga matematika dan IPA SD dan SMP. Langkah-langkah teknis dalam kegiatan ini adalah : pembuatan alat peraga beserta buku panduan penggunaannya tim PKM, pelatihan pembuatan alat peraga,  simulasi dan ujicoba penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dan IPA SD dan SMP. Hasil dari PKM ini adalah : 1) peserta dapat membuat alat peraga sederhana, 2) peserta dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dan IPA di kelas, dan 3) siswa senang belajar menggunakan alat peraga dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan IPA.

Keywords


PKM, Alat Peraga, Buku Panduan

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


. Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books B.

. Djahir, et all. (2017). Alat Peraga dalam Geometri Ruang (Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017, Mata Pelajaran/ Paket Keahlian Matematika). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

. Anggoro, S. (2014). Analisis Perbandingan Sikap Belajar dan Penguasaan Konsep IPA menggunakan Strategi Joyful Learning di Kelas IV SD Kota Bandung. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak dipublikasikan.

. Sudarisman, S. (2011). Pembelajaran Sains Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Hands On Activities Based On Daily Life untuk Anak. Prosiding Seminar Internasional ke-3 dan Workshop Pedagogik Praktis yang Berkualitas (p. 320-335. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

. Sukayati dan Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

. Widyantini, T.H dan Sigit, T.G. (2010). Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

. Mohammad Amin, dkk. (2013). Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo