PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS SAINS BAGI GURU PAUD
Linda Tri Antika, Universitas Islam Madura
Arin Wildani, Universitas Islam Madura
Saiful Hadi, Universitas Islam Madura
Abstract
Alat permainan edukatif (APE) merupakan permainan yang mampu memberikan pengetahuan dan kemampuan anak. APE yang digunakan adalah alat untuk bermain anak. APE sejatinya dibuat oleh guru sebelum memberikan pelajaran. Integrasi sains dalam permainan edukatif sangat menunjang guna membekali siswa PAUD dalam memiliki literasi sains sejak dini. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang APE dan sains Dasar, meningkatkan kreatifitas dan keterampilan guru dalam membuat APE berbasis sains serta mampu menerapkan dalam pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah Participatory Action Research (PAR) berupa: 1) metode ceramah untuk memberikan gambaran materi APE berbasis sains yang telah disiapkan tim PkM; 2) metode latihan berupa pemilihan alat dan bahan serta merangkai menjadi APE; dan 3) metode mentoring ketika guru pada saat menerapkan APE berbasis sains dalam pembelajaran di sekolah. Hasil dari PkM ini, guru PAUD mampu membuat APE berbais sains serta mampu mengimplementasikan dalam permainan dan pembelajaran.
Abstract
Educational Game Tools are some games those are able to provide knowledge and abilities for children. The children playing tools were used. Educational game tools are actually made by teacher before giving lessons. Integration of science in educational games strongly support to equip early childhood in having scientific literacy in early age. The objectives of this Community Service were to increase knowledge about Educational Game Tools and basic science, improve creativity and skills of teachers in making science-based Educational Game Tools, and apply it in learning. The method used Participatory Action Research (PAR): 1) lecture method to give an overview of science-based Educational Game Tools that had been prepared by the Community Service team; 2) training method, selecting tools, materials, and arranging them into Educational Game Tools; and 3) mentoring method when teachers used science-based Educational Game Tools in learning at school. The result of this Community Service, early childhood teachers can create science-based Educational Game Tools and competent to implement in games and learning.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education. USA: University of Massachusetts.
Budiyono, A & Lukluk, I. (2017). PKM Peningkatan Pemahaman Pedagogik dan Keterampilan Guru PAUD dalam Pembelajaran Berbasis Sains di Desa Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Artikel prosiding seminar nasional hasil pengabdian masyarakat. (hlm. 204-207). Pamekasan, ID: Universitas Islam Madura. hlmhttp://senias.uim.ac.id/index.php/senias_2017/article/view/1/51.
Kumalasari, dkk (2015) Meningkatkan Perkembangan Kognitif dalam Bidang Sains melalui Aktivitas Percobaan Sederhana pada Anak Kelompok B3 TK Kartika VII-1 Kodam-Udayana IX. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/4994/3762
Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak. Cetakan II. Jakarta : EGC.
Tedjasaputra, M.S. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Cetakan IV. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/ind
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21237
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: