Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Salah Satu Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Tangerang

Ranti An Nisaa, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), Indonesia
Suci Lestari, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), Indonesia
Yuni Astuti, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Tangerang pada Bulan Juli 2018 bertujuan untuk melatih para siswa dan guru dalam membuat herbarium sederhana sebagai media pembelajaran biologi yang berbasis lingkungan. Herbarium merupakan teknik pengawetan tumbuhan. Pengetahuan dalam pembuatan dan pemeliharaan herbarium ini perlu diketahui bagi siswa dan guru di SMA dan sederajat, mengingat salah satu materi biologinya adalah morfologi tumbuhan. Dengan media herbarium ini, siswa dan guru dapat memahami ciri-ciri tumbuhan tanpa harus selalu memetik tumbuhan yang masih segar. Dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah atau tempat tinggalnya, siswa dapat membuat herbarium sederhana. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama satu hari dengan melibatkan guru bidang studi biologi dan siswa-siswi kelas X (SMA Muhammadiyah 1) dan kelas XII (SMA Muhammadiyah 2) dan dilanjutkan satu hari lagi untuk evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembuatan herbarium. Evaluasi akan dilaksanakan ketika tanaman telah betul-betul kering. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat baik. Hal ini terlihat dari antusiasme para siswa yang selalu ingin ikut terlibat dalam setiap tahap pembuatan herbarium. Selain itu, pihak sekolah yaitu guru dan kepala sekolah menunjukkan sikap terbuka, kerjasama, dan sambutan yang baik, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar dan bermanfaat. Saran dari kegiatan ini adalah pihak sekolah sangat mengharapkan ada kegiatan lain yang terkait kerjasama antara sekolah dengan tim pengabdi secara khusus, dan secara umum dengan perguruan tinggi.   


Keywords


Herbarium, Media Pembelajaran Biologi, Berbasis lingkungan

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Bridson, D. & L. Forman. 1992. The Herbarium Handbook Royal Botanic Garden, kew London.

Middleton, N. 2009. Make Your Own Herbarium Specimens. University of Melbourne Herbarium School of Botany.

Murni P., Muswita, Harlis, Yelianti, U., Kartika, W. D. Lokakarya Pembuatan Herbarium untuk Pengembangan Media Pembelajaran Biologi di MAN Cendikia Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 30, No. 2 April – Juni 2015.

Van Steenis, C. G. G.J. 2013. Flora. Balai Pustaka. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo