Pelatihan Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Untuk Guru Biologi SMA Di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Paidi Paidi, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, UNY, Indonesia
Sukarni Hidayati, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, UNY, Indonesia
Atik Kurniawati, Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA, UNY, Indonesia

Abstract


Kegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru Biologi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPM ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama adalah penyampaian materi dan bagian kedua adalah penyusunan perangkat pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik oleh peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi metode ceramah dan tanya jawab, praktikum, kunjungan laboratorium, dan penugasan/latihan. Kegiatan ini diikuti oleh 16 guru mata pelajaran Biologi di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Evaluasi pelaksanaan kegiatan PPM ini dilakukan dengan menyebarkan lembar respon pada peserta. Hasil lembar respon menunjukkan bahwa pelatihan tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Hal ini diketahui dari respon peserta terhadap semua aspek masuk dalam kategori baik. Selain itu, antusias peserta dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan tergolong bagus. Peserta aktif melakukan kegiatan praktek dan kegiatan kunjungan laboratorium untuk melihat contoh specimen yang tersedia.


Keywords


pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Bugbee, B. 2003. Nutrient management in recirculating hydroponik culture. Paper presented at The South Pacific Soil-less Culture Conference, Feb 11, 2003 in Palmerston North, New Zealand

Chow, V. 1990. The Commercial approach in hydroponics. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, November 25-27, 1990.

Del Rosario, A. Dafrosa, and P.J.A. Santos. 1990. Hydroponic culture of crops in the Philippines: Problems and prospect. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, November 25-27, 1990.

Jensen, M.H. 1990. Hydroponic culture for the tropics : Opportunities and alternatives. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, November 25-27, 1990.

Marvel, M.E. 1974. Hydroponic culture of vegetable crops. University of Florida, Gainesville, Florida.

Raffar, K.A. 1990. Hydroponics in tropica. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics in Malaysia, November 25-27, 1990.

Rosliani dan Sumarni, 2005. Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo