Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Kimia Terintegrasi Konteks Kejuruan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMK di DIY
Jaslin Ikhsan, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY, Indonesia
Sukisman Sukisman, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY, Indonesia
Abstract
Pembelajaran kimia yang terintegrasi konteks kejuruan akan meningkatkan minat belajar siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa SMK. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk membekali guru kimia SMK dengan pengetahuan pentingnya integrasi konten kimia dengan konten kejuruan dan penguatan konten kimia dalam konteks kejuruan serta memotivasi guru kimia untuk mengembangkan pembelajaran kimia yang sesuai konteks kejuruan. Kegiatan ini ditujukan untuk guru mata pelajaran kimia yang mengajar di SMK. Kegiatan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi dan penugasan. Materi pelatihan yang diberikan meliputi; kurikulum kimia SMK, integrasi konten kimia dengan konteks kejuruan, konten pengayaan minyak bumi untuk SMK teknologi rekayasa, konten pengayaan pengelolaan limbah pertanian untuk SMK agribisnis dan agroteknologi serta konten pengayaan kimia obat untuk SMK kesehatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta aktif selama kegiatan serta memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap kegiatan pelatiha. Kegiatan pelatihan mampu memberikan pemahaman awal tentang pentingnya mengintegrasikan konteks kejuruan dalam pembelajaran kimia di SMK meningkatkan pemahaman konten pengayaan kimia konteks kejuruan guru kimia SMK serta memberikan motivasi yang sangat baik pada guru untuk mengembangkan pembelajaran kimia di SMK sesuai konteks kejuruan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adodo, Sunday Olufemi & Gbore, L. O. 2012. “Prediction Of Attitude And Interest Of Science Students Of Different Ability On Their Academic Performance In Basic Science”, dalam International Journal of Psychology and Counselling, 4(6), hlm. 68-72.
Chauvot, J.B. 2008. “Curricular Knowledge and The Work of Mathematics Teachers Educator:, dalam Issues in Teacher Education, 17(2), hlm. 83-99.
Chen, Bo & Wei, Bing. 2015. “Examining Chemistry Teacher’s Use of Curriculum Materials: In View of Teacher’s Pedagogical Content Knowledge”, dalam Chem. Educ. Resc. Pract. DO1. 10.1039/c4rp00237g. www.rsc.org/cerp. Diakses tanggal 16 Februari 2015.
Coenders, F., Terlouw, C., Dijkstra, S dan Pieters, J. (2010). “The Effects of the Design and Development of a Chemistry Curriculum Reform on Teachers’ Professional Growth: A Case Study”. J Sci Teacher Educ., 21:535–557.
Dolfing, R., Bulte, Astrid M.W., Pilot, A. & Vermunt, J.D. 2011. “ Domain-Spesific Expertise of Chemistry Teachers on Context-Based Education About Macro-Micro Thingking in Structure-Property Relations”. Res. Sci. Edu, DO1. 10. 1007/s11165-011-9211-z. open access at Springerlink.com, 22 Maret 2011.
Faraday, S., Overton, C., dan Cooper, S. (2011). Effective Teaching and Learning in Vocational Education. London: LSN. http://policyconsortium.co.uk/wp-content/uploads/2012/01/110052RP_effective-VET_final-report1.pdf.
Khasawneh, Samer A., Olimat, Qablan, Abu-Tineh. 2008. “Measuring the Perceptions of Vocational Education Students Regarding the Application of National Vocational Teacher Standard in the Classrooms: The Key to Human Resource Education in Jordan”, dalam IJAES, 2(1), hlm. 24-37.
Kunandar (2007). Guru profesional impelementasi ktsp dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, A. (2009). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Implementasi ktsp: Kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Okorie, E.U & Akubuilo, F. 2013. “Towards Improving Quality of Education Chemistry: An Investigation into Chemistry Teacher’s Knowledge of Chemistry Curriculum, dalam International Journal of Emerging Science and Enginering, 1 (9), hlm. 30-34).
Permendikbud RI Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Puyate, S.T. (2008). constraints to the effective implementation of vocational education program in private secondary schools in port harcourt local government area. Asia‐Pacific Journal of Cooperative Education, 9(1), 59‐71.
Quinn, Tammy Tower. (2013). "An investigation of curriculum integration in a vocational school setting: a qualitative study" (2013). Education Doctoral Theses. Paper 104. http://hdl.handle.net/2047/d20003039
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i2.15562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: