Penguatan nilai-nilai karakter melalui novel “Orang Orang Biasa” karya Andrea Hirata
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Kasus degradasi moral banyak menjangkiti para remaja di Indonesia, sehingga perlu penguatan pendidikan karakter sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut. Penguatan pendidikan karakter merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, oleh pikir dan olah raga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji muatan nilai-nilai karakter sebagai upaya penguatan pendidikan karakter dalam novel Orang-orang Biasa. Penelitian ini adalah penelitian analisis konten inferensial. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata. Sampel dalam penelitian yaitu frase, kalimat, paragraf dalam Novel Orang-orang Biasa yang mengandung lima nilai karakter utama yaitu religius, nasionalisme, gotong royong, kemandirian, dan integritas. Peneliti melakukan inferensi dengan menggunakan pendekatan tampilan linguistik dengan mengkaji makna kebahasaan yang terkandung dalam Novel Orang-orang Biasa. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap frase, kalimat, atau paragraf yang mengandung nilai religius, nasionalisme, gotong royong, kemandirian, dan integritas sebagai upaya penguatan pendidikan karakter. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Novel Orang-orang Biasa karya Andrea Hirata merupakan salah satu novel yang sarat akan nilai moral dan Pendidikan karakter sehingga akan sangat baik untuk dibaca sebagai penguatan pendidikan karakter.
Abstract: Many cases of moral degradation happen to young people in Indonesia, so it is necessary to strengthen character education to overcome these problems. Strengthening character education is an educational movement under the responsibility of the education unit to strengthen student character through the harmonization of exercise of the heart, feeling, thought and exercise. This study examines the content of character values to strengthen character education in Novel Orang-Orang Biasa. This research is an inferential content analysis research. The data source in this study is the Novel Orang-Orang Biasa by Andrea Hirata. The samples in this research are phrases, sentences, and paragraphs in Novel Orang Orang Biasa, which contain five main character values : religion, nationalism, gotong royong, independence, and integrity. The researcher made inferences using a linguistic appearance approach by examining the linguistic meanings of the Novel Orang Orang Biasa. Furthermore, an analysis of phrases, sentences, or paragraphs that contain religious values, nationalism, gotong royong, independence, and integrity is carried out to strengthen character education. From the research results, it is known that the novel is full of moral values and character education so it would be very good to read as strengthening character education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulfatah, Muhamamad Rois, Sahid Teguh Widodo, Muhammad Rohamdi. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas Tinjauan Psikologi Sastra. JURNAL GRAMATIKA Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(1), 12-23. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2412
Adietomo, Sri Moertiningsih. (2005). Bonus Demografi: Hubungan antara Pertumbuhan Penduduk dengan Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta: BKKBN
Aini, Pratista Nor. dan Taman, Abdullah. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMANegeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10 (1), 48-65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921
Antara/Sur. (2020). Diduga Korban Bullying, Jari Siswa SMP di Malang Diamputasi. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200205140320-20-471871/diduga-korban-bullying-jari-siswa-smp-di-malang-diamputasi pada tanggal 07 Februari 2020 jam 11.56 WIB.
Aryani, F. (2014). Bimbingan Belajar, Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Tanpa Plagiat. Makassar. Edukasi Mitra Grafika
Berkowtiz, Marvin W., Melinda C.Bier., & Brian McCauley. (2017). Toward a Science of Character Education (Frameworks for Identifiying and Implementing Effcetive Practices). Journal pf Character Education, 13(1).1-42. https://irp-cdn.multiscreensite.com/e9b8fc57/files/uploaded/berkowitz_bier_mccauley_jce_2017.pdf
Buchori, Sahril., Ibrahim, Muhammad., & Saman, Abdul. (2016). Pengaruh character education training melalui outbound training untuk peningkatan kejujuran dan integritas. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(1), 12-19. https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/viewFile/2089/1135
Budastra, Made Aditya. (2023). Pentingnya etika dan religiositas dalam membentuk karakter akuntan yang baik. Jurnal Pendidikan Karakter, 14 (1), 63-72. DOI. 10.21831/jpka.v14i1.54861
Buwono X, Sultan Hamengku. 2007. Merajut Kembali Ke Indonesiaan Kita. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Effendi, Tadjuddin Noer. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi , 2 (1), 1-18. https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/view/23403/pdf
Fajaria, Depriana, dkk. 2013. Kemandirian Perilaku Peserta Didik dalam Pemilihan Jurusan dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. No 2 (2), hlm.1-5.
Habib, A., & Muslihun. (2022). Urgensi Pendidikan Islam di Tengah Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6), 5700-5707. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9178
Hafiz, S. El. & Aditya, Y. (2021). Kajian literatur sistematis penelitian religiositas di Indonesia: Istilah, definisi, pengukuran, hasil kajian, serta rekomendasi. Indonesian Journal for The Psychology of Religion, 1(1), 1–22. DOI: https://doi.org/10.24854/ijpr428.
Hirata, Andrea. (2020). Orang-orang Biasa. Jakarta: Bentang Pustaka.
Jahroh, Windi Siti & Nana Sutarna. (2016). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8955
Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Kartono, Kartini. (2013). Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelejaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Kosasih, E. & S. (2013). Dasar- Dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Layyinah, Rahmatika., Ikke Pradima Sari, & M Nurul Ikhsan Saleh. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Paradigma Prophetic Parenting Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral Anak Di Indonesia. Tarbawi (Jurnal Pendidikan Islam), 19 (1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i1.2037
Lickona, Thomas. (2012). Education for Character (Diterjemahkan oleh Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.
Lisa D. Pearce, George M. Hayward, & Jessica A. Pearlman. (2017). Measuring Five Dimensions of Religiosity Across. Review of Religious Research, 59, 367–393. https://link.springer.com/article/10.1007/s13644-017-0291-8
Majid, Novita. (2019). Penguatan Karakter Melalui Local Wisdom sebagai Budaya Kewarganegaraan. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Mashlihuddin, Yoni. (Tt). Degradasi Moral Remaja Indonesia. Diakses dari https://p2kk.umm.ac.id/id/pages/detail/artikel/degradasi-moral-remaja-indonesia.html tanggal 8 Agustus jam 10.52 WIB
Michigan State University. (Tt). MSU Character Extension Character Education. Diakses dari https://www.canr.msu.edu/character_education/ tanggal 08 Agustus 2023 jam 13.55 WIB.
Muslim, I. F. & Ranam, S. (2020). Pendidikan kedisiplinan di Pondok Pesantren El Alamia untuk menanggulangi degradasi moral. Research and Development Journal of Education, 1(1), 102-109. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7325.
Muthohar, S. (2016). Antisipasi degradasi moral di era global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 321–334. DOI: https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.565.
Odeh, A. (2011). Father Figures in the Novels of Jane Austen. Journal English Language Teaching, 4(2), 35–45. DOI: 10.5539/elt.v4n2p35
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Sahronih, Siti. (2018). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Artikel dipresentasikan dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar : Program Studi Magister dan Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10188/6602
Song, Liyan. & Hill, Janette R. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1), 27-42. http://www.ncolr.org/jiol/issues/pdf/6.1.3.pdf
Tamam, A. C. & Muhid, A. (2022). Efektivitas metode demonstrasi pada mata pelajaran ubudiyah untuk meningkatkan religiositas siswa: literature review. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 10(1), 39–60. DOI: https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.195.S Department of Education. (2005). Character Education…Our Shared Responsibility. Diakses dari (https://www2.ed.gov/admins/lead/character/brochure.html tanggal 08 Agustus 2023 jam 13.57 WIB).
Utomo, Eko Prasetyo. (2018). Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran ips untuk membangun modal sosial peserta didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95-102. http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i22018p095
Wibowo, Agus. & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yatim, Badri. (1999). Soekarno, Islam dan Nasionalisme. Jakarta: Logos Wacana.
Zuchdi, Darmiyati & Wiwiek Afifah. (2019). Analisis Konten, Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika dalam Penelitian. Jakarta Timur: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.66398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Karakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: