Analisis pola asuh keluarga dalam menunjang pendidikan karakter anak selama pandemi
Donia Helena Samosir, Universitas Brawijaya, Indonesia
Abstract
Abstrak
Studi ini menganalisis pola asuh keluarga perempuan kepala keluarga di Komunitas Posdaya, Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Peneliti melakukan analisis untuk menemukan benang merah antara penggunaan model pola asuh untuk membantu pendidikan karakter anak selama pandemi. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data Miles dan Huberman mendukung metode pengumpulan data purposive sampling dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan kepala keluarga yang memiliki peran ganda di bidang domestik dan publik lebih cenderung menggunakan dua model pola asuh: otoriter dan demokratis. Pola asuh demokratik mengimbangi hak dan kewajiban dengan memberikan kebebasan tidak mutlak kepada anak. Sebaliknya, pola asuh otoriter berusaha mencegah anak melakukan hal-hal yang tidak baik. Sudah terbukti bahwa penerapan dua model pola asuh berdampak langsung pada pendidikan karakter anak. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa kedua pola asuh membentuk kebiasaan sehari-hari anak. Dalam jangka panjang, itu menghasilkan nilai-nilai karakter sepertikedisiplinan, ketekunan, tanggung jawab, rendah hati, kejujuran, dan tata krama.
Abstract
This study analyzes the parenting patterns of female-headed families in Posdaya Community, Ngroto Village, Pujon District, Malang Regency. The researcher conducted the analysis to find a common thread between the use of parenting models to help children's character education during the pandemic. The research was conducted through descriptive qualitative approach. Miles and Huberman's data analysis technique supported the purposive sampling data collection method in this study. The results showed that female heads of households who have dual roles in the domestic and public spheres are more likely to use two parenting models: authoritarian and democratic. Democratic parenting balances rights and obligations by giving children non-absolute freedom. In contrast, authoritarian parenting tries to prevent children from doing bad things. It has been proven that the application of two parenting models has a direct impact on children's character education. This is evidenced by the fact that both parenting styles shape children's daily habits. In the long run, it results in character values such as discipline, perseverance, responsibility, humility, honesty, and manners.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Andersen, K. G., Rambaut, A., Lipkin, W. I., Holmes, E. C., & Garry, R. F. (2020). The proximal origin of SARS-CoV-2. Nature Medicine, 26(4), 450–452. https://doi.org/10.1038/s41591-020-0820-9
Chawa, A. F. (2016). Penerapan program posdaya dalam mewujudkan kesehatan mental perempuan kepala rumah tangga miskin. Palastren, 1(9), 73.
CNNIndonesia. (2020). Pekerja dirumahkan dan kena PHK akibat corona capai 3,05 yuta.
Cresswell, J. W. (2016). Research design pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka Pelajar.
Gani, I. (2021). Dampak pandemi Covid 19 terhadap sektor usaha di Kalimantan Timur. Journal FEB Unmul, 17(1), 1–9.
Iisetyati, E., Suwartiningsih, S., & Kudubun, E. E. (2021). Interaksi sosial anak dengan orang tua dalam pembelajaran daring di Dusun Kampung Desa Kaloran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Jurnal Sosialisasi, 8(3), 56–64.
Irawati, H., Wicaksono, A. D., & Prayitno, G. (2020). Klasifikasi desa berdasarkan tingkat kemajuan desa ( Studi Kasus Kecamatan Pujon Kabupaten Malang ). Planning for Urban Region and Enviroment, 9(April), 59–66.
Kemendikbud. (2020). Mendikbud terbitkan SE tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Yaa Bunaya: Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Ma’rifah, I., Nourwahida, C. D., & Ardiansyah, A. N. (2018). Pola asuh anak dalam keluarga pemulung. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 1(14), 1–11.
Moeloeng. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosda Karya.
Pratiwi, N. K. S. (2018). Pentingnya peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia sekolah dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 85.
Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18.
Roos, P. A., & Gatta, M. L. (1999). The gender gap in earnings: Trends, explanations, and prospects. In Handbook of gender and work. (pp. 95–123). Sage Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452231365.n6
Triatmojo, D. (2021). Kemnaker: 29,4 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19, di-PHK hingga dirumahkan.
Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meninkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.
Widiyasari, N. K. T. U., & Suarya, L. M. K. S. (2022). Hubungan rasa memiliki pada organisasi dan konformitas terhadap partisipasi perempuan dalam sekaa teruna teruni di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 9(1), 94. https://doi.org/10.24843/jpu.2022.v09.i01.p10
Wiratri Yustia Putri. (2017). Pengaruh regulator, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap carbon emission disclosure (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Skripsi, 56.
Zhou, P., Yang, X. Lou, Wang, X. G., Hu, B., Zhang, L., Zhang, W., Si, H. R., Zhu, Y., Li, B., Huang, C. L., Chen, H. D., Chen, J., Luo, Y., Guo, H., Jiang, R. Di, Liu, M. Q., Chen, Y., Shen, X. R., Wang, X., … Shi, Z. L. (2020). A pneumonia outbreak associated with a new coronavirus of probable bat origin. Nature, 579(7798), 270–273. https://doi.org/10.1038/s41586-020-2012-7
DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v14i2.54341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Karakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: