NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH ULAMA KHARISMATIK K.H. MAIMUN ZUBAIR

Nureyzwan Sabani, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Daliman Daliman, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


K.H. Maimun Zubair adalah tokoh Islam di Indonesia. Beliau adalah pendiri dan pengasuh pondok pesantren Al Anwar Sarang di Rembang, Jawa Tengah. Beliau memiliki peran ganda, sebagai alim ulama sekaligus sebagai politisi dan penasihat politik. Hal ini dikarenakan beliau berkeinginan untuk menyatukan prinsip Islam dan nasionalisme dalam politik Indonesia. Melihat figur dari K.H. Maimun Zubair tersebut, dapat ditunjukkan bahwa beliau memiliki nilai-nilai karakter yang dapat diteladani oleh generasi muda Indonesia saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Sumber data primer pada penelitian ini adalah testimoni, buku biografi K.H. Maimun Zubair, dan pesan yang disampaikan oleh K.H. Maimun Zubair di media massa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam diri beliau yaitu religius, toleransi, disiplin, gemar membaca, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, dan peduli sosial. Metode yang digunakan dalam penyampaian nilai-nilai pendidikan karakter oleh K.H. Maimun Zubair adalah melalui penyampaian pesan, ceramah, dan keteladanan.

Keywords


pendidikan karakter; ulama karismatik; Maimun Zubair

Full Text:

PDF

References


Alwi, M. H. (2019). Mewujudkan Perdamaian Di Era Media Versi KH. Maimun Zubair Analisis Ma’na-cum-Maghza Atas Pesan KH. Maimun Zubair Di Media Sosial. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(2), 151–168.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2021). KH. Maimoen Zubair Sang Maha Guru. DIVA Press.

Asmani, Jamal Ma`mur. (2019). Tasawuf Sosial KH. MA. Sahal Mahfudh. Elex Media Komputindo.

Atmazaki, Agustina, Indriyani, V., & Abdurahman. (2020). Teachers Perception Of Character Education Integration In Language Learning. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 149–160.

Diggs, C., & Akos, P. (2016). The Promise of Character Education in Middle School: A Meta-Analysis. Middle Grades Review, 2(2), 1–19.

Fahrudin, A. (2021). Menjadi Guru Super. Elex Media Komputindo.

Fazillah, N. (2017). Konsep Civil Society Nurcholish Majid dan Relevansinya dengan Kondisi Masyarakat Indonesia Kontemporer. Al-Lubb:International Journal of Islamic Thought and Muslim Cultural, 2(1), 206–225.

Hafiun, M. (2017). Zuhud dalam Ajaran Tasawuf. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 77–93.

Haryanto, S. (2017). Pendekatan Historis dalam Studi Islam. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17(1), 127–135.

Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1–20.

Izzan, A., & Saehudin. (2016). Hadis Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Humaniora.

Muhyiddin. (2021). Mbah Moen dan Jangkar Politik Kebangsaan. Tema Utama. https://www.republika.id/posts/13160/mbah-moen-dan-jangkar-politik-kebangsaan

Muqit, A. (2020). Makna Zuhud Dalam Kehidupan Prespektif Tafsir Al-Qur’an. Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir dan Pemikiran Islam, 1(2), 36–51.

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1(1), 119–133.

Myers, D. G. (2016). A Social Psychology of the Internet. International Forum of Teaching and Studies, 12(1), 3–9.

Nasharuddin. (2015). Akhlak Ciri Manusia Paripurna. PT RajaGrafindo Persada.

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 321–336. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.100

Nurhasanah, N., & Nida, Q. (2016). Character Building of Students by Guidance and Counseling Teachers Through Guidance and Counseling Services. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v4i1.86

Sholahuddin, M. (2020). KH. Maemun Zubair, Pembela NKRI. https://iqra.id/kh-maemun-zubair-kiai-pembela-nkri-218143/

Sitinjak, M. (2019). Mbah Moen Wafat di Kamar Nomor 1423! Pesan Mulia Maimun Zubair Tentang Kematian saat Haul Gus Dur. Nasioanal. https://pontianak.tribunnews.com/2019/08/06/mbah-moen-wafat-di-kamar-nomor-1423-pesan-mulia-maimun-zubair-tentang-kematian-saat-haul-gus-dur

Suparman, Sultinah, A. S., Supriyadi, Achmad, A. D., Nurjan, S., Sunedi, Muhandis, J., & Sutoyo, D. A. (2020). Dinamika Psikologi Pendidikan Islam. BuatBuku.com.

Sutiah. (2020). Pengawas Pendidikan Agama Islam Sebagai Quality Control Implementasi Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah. NLC (Nizamia Learning Center).

Ulum, A. (2020). Mbah Moen Kiai Perekat Bangsa. Republika Penerbit.

Widyahening, E. T., & Eko Wardhani, N. (2016). Literary Works and Character Education. International Journal of Language, 4(1), 176–180. https://doi.org/10.15640/ijll.v4n1a20

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan pustaka Obor Indonesia.

Zurqoni, Retnawati, H., Arlinwibowo, J., & Apino, E. (2018). Strategy and implementation of character education in senior high schools and vocational high schools. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 370–397. https://doi.org/10.17499/jsser.01008




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.48004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter