PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LECTORA PEMBELAJARAN TEMATIK-INTEGRATIF UNTUK PENINGKATAN NILAI KARAKTER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Ali Mustadi,
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia Lectora yang layak dan efektif dalam pembelajaran tematik-integratif pada subtema “Kebiasaan Makanku” untuk meningkatkan nilai karakter kelas IV SD. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi Sukmadinata yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan; dan (3) uji coba dan revisi. Masalah pokok penelitian adalah peningkatan nilai karakter kerja keras dan peduli lingkungan di SD Negeri 03 Jaten Karanganyar. Subjek uji coba perorangan terdiri atas 6 peserta didik, uji coba kelompok kecil 10 peserta didik, uji coba lapangan dan efektivitas 27 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan lembar observasi before-after. Teknik analisis data menggunakan konversi data kuantitatif ke data kualitatif dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan multimedia yang dikembangkan berkategori “sangat baik” sehingga layak digunakan. Uji efektivitas menunjukkan persentase peningkatan karakter sebesar 75% dan t hitung < t tabel, yaitu -7,211< -1,710 sehingga hal ini sangat efektif. Kata Kunci: multimedia Lectora, pembelajaran tematik-integratif, nilai karakter
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Karakter
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.
Jurnal Pendidikan Karakter Support by:
Jurnal Pendidikan Karakter indexed by: