Manajemen Strategik Implementasi Pendidikan Inklusif

Sukinah Sukinah, , Indonesia

Abstract


Pendidikan inklusif merupakan implementasi pendidikan yang berwawasan multicultural yang dapat membantu peserta didik mengerti, menerima, serta menghargai orang lain yang berbeda suku, budaya, nilai, kepribadian, dan keberfungsian fisik dan psikologis. Dalam pendidikan yang berlatar sekolah inklusif pembelajaran ditekankan pada penanaman sikap simpati, respect, apresiasi, dan empati terhadap latar belakang sosial budaya yang berbeda. Lebih jauh lagi, sekolah inklusif merupakan tempat di mana komunitasnya belajar tentang bagaimana sikap toleransi terhadap keberagaman diposisikan dan dihargai. Manajemen strategik adalah suatu gaya atau seni dan ilmu dari pembuatan, implementasi dan evaluasi atau penilaian keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi atau komponen-komponen yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Sistem manajemen strategik paling sedikit harus memiliki tiga proses yaitu perencanaan, penerapan dan pengawasan strategik. Pengembangan lebih lengkap manajemen strategik yaitu mempunyai enam tahapan yaitu : (1) perumusan strategik, (2) perencanaan strategik, (3) penyusunan program, (4) penyusunan anggaran, (5) implementasi atau pelaksanaan, dan (6) evaluasi/pengawasan/pengendalian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter