Kepuasan Mahasiswa Tunanetra terhadap Proses Pembelajaran Daring di Universitas Negeri Makassar

Wahyudi HN, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Muzayyinah Al-Usrah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Nur Aziza, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Raodatul Jannah Jannah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Tiara Anggun Mauladi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Yoga Indar Dewa, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa tunanetra terhadap pelayanan pembelajaran daring di Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menyajikan data berbentuk deskripsi dari perspektif informan, kemudian melakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur pemecahan masalah yang diteliti yaitu dengan menggambarkan subjek atau objek dalam penelitian berdasarkan fakta dan hubungan antar fenomena yang diselidiki. Subjek pada penelitian ini yaitu empat orang mahasiswa tunanetra yang di Universitas Negeri Makassar. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini sesuai dengan tiga aspek yang diukur yaitu (1) meningkatnya rasa malas mahasiswa tunanetra selama pembelajaran daring; (2)  mahasiswa tunanetra tidak dapat mengakses pembelajaran yang bersifat visual; (3) tidak semua buku digital dapat diakses oleh tunanetra; (4) kondisi jaringan menjadi salah satu penentu efektifitas pembelajaran (5) masih mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

Keywords


pembelajaran daring; mahasiswa tunanetra; pendidikan inklusi

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., Hanafiah, H., & Sauri, R. S. (2022). Media komputer dalam meningkatkan mutu UAS mahasiswa anak tunanetra (studi pada prodi Pendidikan Luar Biasa Universitas Islam Nusantara dan Prodi Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3288–3297. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.881

Ariyanto, D., Pertiwi, E. P., Zamzami, M. H. A., & Hermawan, A. (2022). Pengaruh aplikasi NVDA terhadap hasil belajar mahasiswa tunanetra UNIPAR. Education Journal : Journal Education Research and Development, 6(2), 170–176. https://doi.org/10.31537/ej.v6i2.742

Barakat, M., Farha, R. A., Muflih, S., Al-Tammemi, A. B., Othman, B., Allozi, Y., & Fino, L. (2022). The era of E-learning from the perspectives of Jordanian medical students: A cross-sectional study. Heliyon, 8(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09928

Budiman, J. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074

Handoyo, A. W., Afiati, E., Khairun, D. Y., & Prabowo, A. S. (2020). Prokrastinasi mahasiswa selama masa pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 355–361. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Retrieved from https://eprints.untirta.ac.id/5278/

Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: kajian kualiatatif deskriptif. Sepren:Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Istiningtyas, L. (2017). Survei kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan program studi psikologi islam fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 125–136.

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung Marilin. Jurnal IDAARAH, 4(2), 200–209. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/374aogn465fyzoh6fygtclbala/access/wayback/http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/download/16945/pdf

Latifa, U. (2017). Perkembangan pada anak sekolah dasar: masalah dan perkembangannya. Journal of Multidisciplianary Studies, 1(2), 185–196. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/1052

Lemay, D. J., Bazelais, P., & Doleck, T. (2021). Transition to online learning during the COVID-19 pandemic. Computers in Human Behavior Reports, 4, 100130. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100130

Lubinski, K., & Tama, D. K. (2021). The observed effects of distance learning on curriculum implementation in management and business studies. Procedia Computer Science, 192, 2540–2549. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.09.023

Muflih, S., Abuhammad, S., Al-Azzam, S., Alzoubi, K. H., Muflih, M., & Karasneh, R. (2021). Online learning for undergraduate health professional education during COVID-19: Jordanian medical students’ attitudes and perceptions. Heliyon, 7(9), e08031. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08031

Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101

Noori, A. Q. (2021). The impact of COVID-19 pandemic on students’ learning in higher education in Afghanistan. Heliyon, 7(10), e08113. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08113

Palimbong, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di program studi pendidikan PKN Universitas Tadulako. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 185–198. Retrieved from https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/view/629

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning in higher education: Who’s ready? Computers in Human Behavior, 118, 106675. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675

Setiono, P., Dadi, S., Yuliantini, N., & Anggraini, D. (2021). Analisis respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Jurnal Education and Development, 9(2), 19–23. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i 2.%0A%0A

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397

Syamsurijal, S., & Sarwan, S. (2021). Kondisi psikologis mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 220–226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.290

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tola’ba, Y., Merlin, M., & Sumari, M. (2022). Dampak metode pembelajaran daring terhadap kecemasan mahasiswa selama masa pandemi Covid 19. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 2(1), 24–30. https://doi.org/10.56742/nchat.v2i1.30




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i1.53234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter