EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BINA DIRI BERDASARKAN METODE TEACCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI SISWA AUTIS

Leni Ambar Cahyani, universitas negeri yogyakarta, Indonesia
Atien Nur Chamidah, universitas negeri yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode TEACCH untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada siswa autis kelas IV SD di Sekolah Autis Dian Amanah Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan. desain A-B-A’ yaitu terdiri dari fase baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dalam dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode TEACCH untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada siswa autis kelas IV di Sekolah autis Dian Amanah.

Keywords


metode TEACCH, kemampuan menggosok gigi, anak autis

Full Text:

PDF

References


Butler C. P. (2007). The Effectiveness of TEACCH on Communication and Behavior in Children with Autism. Critical Review. School of Communication Sciences and Disorder, U.W.O.

Carter A.E., Carter G. & George R. (2015). Autism Spectrum Disorder and the Role of General Dental Practitioners : A Review. Journal of Dental Applications, 2 , 254- 260.

Gupta M. (2014). Oral Health Status and Dental Management Considerations in Autism. International Journal of Contemporary Dental and Medical Reviews, 2014, 1-6.

Hallahan D. P., Kauffman J. M., & Pullen P. C. (2009). Exceptional Learners: Introduction to Special Education (11st ed.). USA: Pearson

Jaber M.A. (2011). Dental Caries Experience, Oral Health Status and Treatment Needs of Dental Patients with Autism. Journal of Applied Oral Science, 19, 212-217.

Mesibov G. B. & Shea V. (2009). The TEACCH Program in the Era of Evidence- Based Practice. Journal Autism Development Disorder, 1-10.

Nurzaman, Destiani D., & Dhamiri D. J. (2012). Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut pada Manusia. Jurnal Algoritma, 9, 1-8.

Orellana L. M., Sanchis S. M., & Silvestre F.J. (2013). Training Adult and Children with an Autism Spectrum Disorder to be Compliant with a Clinical Dental Assesment Using A

TEACCH- Based Approach. Journal of Autism and Developmental Disorder, 43,1-13.

Papalia D. E., Old S. W. & Feldman R. D. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan) (9th ed.). Jakarta: Kencana.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 157, Tahun 2014, tentang Kurikulum Pendidikan Khusus.

Puspaningrum C. (2010). Pusat Terapi Anak Autis di Yogyakarta. Tesis master, tidak diterbitkan, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Indonesia.

Sudrajat D. & Rosida L.. (2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.

Sugihartono, Kartina Nur F., Farida Harahap, Farida Agus S., Siti Rohmah N. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suharmini T. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher

Sunanto J., Takeuchi K., & Nakata H. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Yamada S., Kobayashi N., dan Sasaki M. (2008). Effectiveness of the Physical Structure for an Individual with Autism. Kawasaki Journal of Medical Welfare, 14, 23-27.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.27499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter