PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS SENSOMOTORIK PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III SLB YAPENAS
Abstract
Kemampuan membedakan warna, bentuk, dan tekstur merupakan bagian dari kemampuan pra membaca yang harus dimiliki seseorang untuk membaca. Pada Cerebral Palsy yang seringkali disertai gangguan sensorik, kesulitan memperoleh kemampuan ini. Dengan demikian, diperlukan latihan-latihan guna meningkatkan Kemampuan pra membaca.
Latihan tersebut menyatukan antara pembelajaran akademik dan latihan sensomotorik. Melalui penelitian tindakan kelas pada siswa Cerebral Palsy kelas III SLB Yapenas, dapat meningkatkan kemampuan pra membaca siswa. Yaitu dengan dilakukan pembelajaran berbasis sensomotorik selama enam siklus, dengan satu siklus enam bulan, maka siswa Cerebral Palsy kelas III SLB Yapenas mambu membedakan warna, bentuk, dan kasar halus bahkan mampu mengenal huruf.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Jean Ayres, and Jeff Robbin. 1979. Sensory Integration and Chill. London:
Western Pschological Services.
A. R. Shamsoddin, and Hollisaz. 2009. “Effect Sensory Integrasi Therapy on Gross Motor Function In Children With Cerebral Palsy’’, dalam Iranian Journal Of Child Neurologi Vol 3, No 1. Hlm. 43-48.
A Salim. 1996. Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy. Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik: Surakarta.
Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan khusus. Bandung: Rafika
Aditama.
Dante Ringmalia. 2013. Memahami & Strategi Pengajaran Pada Siswa dengan
Gangguan Belajar. Presentasi di konferensi Nasional 2013 Pendidikan untuk Semua, Menara Ganding, Jakarta.
Emi Nurjasmi, Ari Sudarsono. 2013. Pengaruh Pemberian Sensomotorik Terhadap
Tingkat Arousal dan Atensi Anak Normal Usia 6-8 Tahun Di SDN Pasir Putih 01 Kec. Sawangan Depok,’’ dalam Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan I no 1. Hlm. 68-72.
Fajri Basam, Sulfasyah. 2018. ‘‘Metode Pembelajaran Multisensori VAKT Sebagai
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas II,’’ dalam Jurnal Riset Pendidikan Dasar Vol 1. Hlm. 18-24.
Febrina Larasati. 2015. Pelaksanaan Neuro Senso Motor (NSM) Pada Kasus
Cerebral Palsy Diplegia Di Griya Fisioterapi Bunda Novy. Surakarta: Universitas Muhamadyah Surakarta.
Glenn Doman. 2003. Apa Yang Anda lakukan Pada Anak Anda Yang Cedera
Otak. USA: The Gentle Revolution Press.
Mohammad Asrori. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima
Musjarak Assjari, Eva Siti Sopariah. 2011. Penerapan Latihan Sensomotorik
Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Autisc Spectrum Disoder,’’ dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 17 No 2. Hlm. 225-243.
Tim Helen Keller Internasional. 2014. Panduan Remedial Bahasa Indonesia
Untuk Siswa Dengan Kesulitan Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar.
Sri Utami Soraya Dewi. 2015. “Pengaruh Metode Multisensori Dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar”, dalam Modeling Jurnal Program PGMI Vol 3 No 1. Hlm 1-13.
Tias Martika, Subagya. 2014. Pengaruh Latihan Sensomotorik Terhadap
Kemampuan Menulis Anak Tunagrahita YPPCG Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013’’, dalam JRR Tahun 23, No 1. Hlm 29-38
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v15i2.27341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.