Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Metode Index Card Match dan Metode Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan Pada Disabilitas Intelektual Ringan

Umi Rofiatun Rojabtiyah, Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia

Abstract


Perilaku mencuci tangan belum menjadi kebiasaan penyandang disabilitas intelektual ringan. Diperlukan pemberian promosi kesehatan yang kreatif dan menarik agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami, seperti menggungakan metode Index Card Match dan Visual Auditory Kinesthetic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas pemberian promosi kesehatan menggunakan metode Index Card Match dan Visual Auditory Kinesthetic terhadap peingkatan pengetahuan dan keterampilan cuci tangan penyandang disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental two group pretest posttest design dengan menggunakan alat ukur berupa soal pengukuran pengetahuan dan lembar pengukuran keterampilan cuci tangan. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan pretest-postest dan uji mann-whitney untuk mengetahui perbedaan kelompok Index Card Match dan Visual Auditory Kinesthetic. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan pengetahuan antara kedua kelompok perlakuan dengan p value 0,311 (p>0,05). Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok perlakuan, yaitu pada kelompok promosi kesehatan metode ICM terbukti secara signifikan memiliki pengaruh yang lebih besar dengan p value 0,000 (p<0,05).


Keywords


index card match, visual auditory kinesthetic, cuci tangan, disabilitas intelektual ringan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. (2014). Penyandang Disabilitas Pada Anak. Available at : http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin_disabilitas.pdf [Accessed January, 4 2019]

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: rineka cipta

Fauzia, AN. (2018). Keefektifan Penggunaan Metode ”Index Card Match” Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Kelas X Sma Hang Tuah 2 Sidoarjo. Available at : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/23572 [Accessed January, 4 2019]

Silberman. (2013). Active Learning : 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung : Nuansa Cendikia.

Alditia, AYT, Gusrayani, D, Panjaitan, RL. (2016). Pengaruh Model Visual, Auditory, dan Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Available at : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3041 [Accessed January, 4 2019]

Nurellah, A., Panjaitan, R. L., & Maulana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Visual , Auditorial , Dan Kinestetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Available at : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3053/pdf [Accessed January, 4 2019]

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiratama, R. (2017). Penggunaan Boneka Tangan dalam Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan pada Anak Code Utara Yogyakarta. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/48/ [Accessed January, 2 2019]

Eprilia, L, Fatimah, S, Koryati, D. (2018). Perbandingan Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dengan Giving Questions And Getting Answers Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Tanjung Raja. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5634 [Accessed January, 4 2019]

Ahmad, Arsita. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bermain Puzzle Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Anak Tunagrahita Di Slb Negeri I Gowa. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13302/1/Asrita%20Ahmad_70300114032.pdf [Accessed March, 30 2019]

Sarinarulita, Nawawi, E, Ibrahim, AR. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/download/2388/1261 [Accessed January, 14 2019]

Sholichah, M I. (2018) Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bina Diri Pada Seorang Anak Tunagrahita Dwon Syndrom Di Slb-Ac Dharma Wanita Kecamatan Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/26493/6/Iis%20Maftuchatus%20Sholichah_B93214103.pdf [Accessed March, 30 2019]




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v15i2.26301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter