Teams Games Tournament (TGT) sebagai strategi mengaktifkan kelas dengan mahasiswa yang mengalami hambatan komunikasi

Rafika Rahmawati, universitas negeri yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Peran aktif setiap mahasiswa di dalam kelas saat pembelajaran sangat mendukung keberhasilan proses belajar yang menyenangkan. Setiap elemen memiliki dukungan terhadap berhasilnya pembelajaran. Mahasiswa dengan hambatan komunikasi memiliki masalah terhadap peran aktif-nya didalam pembelajaran. Ada beberapa karakteristik yang dimiliki mahasiswa hambatan komunikasi yang menyebabkan mereka tidak percaya diri dan tertutup serta cenderung tidak berbaur dengan teman sekelas. Melalui teams games tournament kelas diaktifkan dengan membagi mereka kedalam kelompok kecil, dimana setiap kelompok melakukan presentasi dengan mengambil tema “kebutuhan komunikasi setiap anak hambatan majemuk”. Setiap kelompok wajib melakukan presentasi dan setiap kelompok yang lain wajib menyampaikan pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi. Setiap kelompok dan anggota kelas memiliki kesempatan yang sama termasuk mahasiswa dengan hambatan komunikasi. Peraturan yang diterapkan tersebut membuat mahasiswa dengan hambatan komunikasi juga mendapatkan kewajiban untuk melontarkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari teman yang lain. Peraturan yang diterapkan dalam TGT tersebut mampu membuat mahasiswa hambatan komunikasi tersebut berperan aktif di dalam kelas.

Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Hambatan Komunikasi, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract: The active role of each student in the classroom during learning supports the success of a fun learning process. Each element has support for the success of learning. Students with communication barriers have problems with their active role in learning. There are some characteristics that students have communication barriers that cause them not to be confident and closed and tend not to mingle with classmates. Through the team games tournament class is activated by dividing them into small groups, where each group makes a presentation by taking the theme "communication needs of each child multiple obstacles". Each group must make a presentation and each other group must submit questions to the group that is presenting. Each group and class members have the same opportunity including students with communication barriers. The regulations that are applied make students with communication barriers also get the obligation to ask questions and answer questions from other friends. The regulations applied in the TGT are able to make students the communication barriers to play an active role in the classroom.

Keywords: Active Learning, Communication Barriers, Teams Games Tournament (TGT)


Keywords


Pembelajaran Aktif, Hambatan Komunikasi, Teams Games Tournament (TGT)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter