MODIFIKASI LITERASI FUNGSIONAL PENGGUNAAN BLENDER BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

Purwanto Purwanto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa tunagrahita ringan kelas
X di SLB AC Dharmawanita Kabupaten Sidoarjo dalam memahami literasi fungsional
penggunaan alat dapur elektrik blender. Kemampuan menggunakan blender sangat mereka
butuhkan untuk keperluan daily activities seperti membuat jus atau menggiling bumbu
masak. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan menghasilkan prototype
modifikasi literasi fungsional penggunaan blender bagi siswa tunagrahita ringan kelas X.
Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4-D
Tiagarajan yang terdiri dari empat tahapan: pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develope) dan penyebaran (desiminate). Tetapi dalam penelitian ini hanya
sampai pada tahap pengembangan (develope). Subyek penelitian ini adalah enam siswa
tunagrahita ringan kelas X SLB AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo. Validasi data
dilakukan oleh ahli media literasi fungsional dan ahli materi ketunagrahitaan sedangkan uji
coba prototype menggunakan one group pretest-Post test design. Hasil penelitian ini berupa
prototype modifikasi literasi fungsional penggunaan blender bagi siswa tunagrahita ringan
kelas X. Kelayakan prototype hasil validasi mencapai 90% menurut ahli media literasi
fungsional dan 75% menurut ahli materi ketunagrahitaan. Uji terbatas menunjukkan dari nilai
pretest 47,94 meningkat menjadi 68,88 saat post test. Dengan Z tabel 5% yakni 1,96, nilai Zh
yang diperoleh sebesar 2,05. Oleh karena itu, hipotesis 0 ditolak dan hipotesis kerja diterima.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan prototype
modifikasi literasi fungsional yang dihasilkan terhadap kemampuan siswa tunagrahita ringan
kelas X di SLB AC Dharma wanita Kabupaten Sidoarjo dalam menggunakan alat dapur
elektrik berupa blender.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter