METODE FONEMIK MOTORIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PENYANDANG DISLEKSIA

Fuadah Fakhruddiana, , Indonesia
Dian Ekawati, , Indonesia
Dian Kinayung, , Indonesia

Abstract


Kesulitan membaca adalah salah satu bentuk kesulitan belajar yang dikenali pada
saat siswa duduk di sekolah dasar. Salah satu gangguan kesulitan membaca dikenal dengan
istilah dyslexia. Disleksia ditunjukkan dengan adanya kesulitan dalam kemampuan
penguasaan dan pemrosesan bahasa, termasuk di dalamnya proses fonologi (mempelajari
bunyi), dalam membaca, menulis, dan mengeja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
pengaruh dari pembelajaran dengan metode fonemik motorik terhadap kemampuan membaca
pada anak dengan gangguan disleksia. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak usia
11 tahun dengan inteligensi 118 (Skala Weschler, kategori pandai) yang mengalami gangguan
disleksia visual. Target pelatihan adalah subjek mampu mengidentifikasi huruf dengan fonem
yang benar serta mampu membaca suku kata. Analisis data dengan membandingkan hasil
pretest dan posttest subjek. Metode observasi dan wawancara juga diterapkan untuk
menyusun dinamika psikologis subjek. Hasilnya metode ini belum dapat meningkatkan
kemampuan membaca subjek secara optimal. Beberapa kemajuan yang ditunjukkan subjek
setelah pelatihan antara lain subjek lebih peka dalam mengidentifikasi huruf serta
meningkatnya minat untuk terus belajar membaca. Salah satu faktor penting dalam metode
pelatihan membaca untuk anak disleksia adalah adanya pengulangan secara kontinyu. Oleh
karena itu saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambahkan tugas rumah dalam
rangkaian pelatihan sebagai upaya pengulangan membaca di rumah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter