PEMBERDAYAAN ORANG TUA DAN MASYARAKAT DI DESA BALINGASAL DALAM IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Ernisa Purwandari, , Indonesia
Atien Nur Chamidah, , Indonesia
Mumpuniarti Mumpuniarti, , Indonesia

Abstract


Inklusi merupakan perubahan praktis yang memberikan peluang bagi anak dengan
berbagai latar belakang dan kemampuan yang berbeda untuk bisa berhasil dalam belajar.
Perubahan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi anak yang sering tersisih seperti
anak berkebutuhan khusus tetapi juga bagi semua anak dan orangtuanya, guru dan administrator
sekolah, serta setiap anggota masyarakat. Dampak dapat dirasakan semua pihak karena melalui
inklusi guru bertanggung jawab untuk mengupayakan bantuan dalam menjaring dan memberikan
layanan pendidikan pada semua anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah
memberdayakan orang tua dan masyarakat untuk mengidentiikasi anak berkebutuhan khusus
yang belum bersekolah di lingkungannya. Identifikasi ini penting karena anak berkebutuhan
khusus memerlukan layanan yang disesuaikan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masingmasing
secara individual. Balingasal, Padureso merupakan daerah pegunungan yang akses
masuknya cukup sulit, sehingga mobilitas kegiatan guru dan siswa sering mengalami gangguan.
Di samping itu wilayah Padureso merupakan wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten dan kotakota
lainnya, dan belum ada SLB yang dapat memfasilitasi anak berkebutuhan khusus dalam
melakukan pendidikannya, sehingga rata-rata orangtua memasukkan anaknya yang berkebutuhan
khusus di SD regular. Diasumsikan di daerah ini masih banyak anak berkebutuhan khusus yang
belum teridentifikasi sehingga perlu adanya upaya untuk mengembangkan sumberdaya setempat
agar dapat mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus. Pemberdayaan masyarakat dan orang tua
dalam identifikasi dilakukan dengan membekali masyarakat dan orang tua tentang anak
berkebutuhan khusus melalui ceramah dan pendampingan. Materi yang perlu disampaikan yaitu
pengertian dan karakteristik anak berkebutuhan khusus, identifikasi sederhana anak
berkebutuhan khusus,dan layanan bagi anak berkebutuhan khusus. Selain penyampaian materi,
perlu adanya pendampingan selama identifikasi. Diasumsikan dengan adanya pemberdayaan
masyarakat dan orang tua untuk identifikasi anak berkebutuhan khusus, layanan untuk anak
berkebutuhan khusus di desa Balingasal menjadi lebih optimal.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter