MANAJEMEN EPILEPSI DI SEKOLAH

Atien Nur Chamidah, , Indonesia

Abstract


Penanganan anak-anak dengan epilepsi lebih sering diperhatikan pada penanganan
dan pengendalian kejang sebagai gejala utama diagnosis ini sedangkan dampak pada
kesulitan sekolah belum banyak mendapatkan perhatian khusus. Dampak pada pendidikan
terdiri dari efek epilepsi pada pembelajaran dan fungsi sekolah, implikasi sekolah, serta
persepsi dan pengetahuan guru. Layanan pendidikan khusus diperlukan oleh anak-anak
dengan epilepsi karena beberapa masalah belajar dan perilaku yang mereka alami.
Meminimalkan dampak epilepsi dalam kehidupan sekolah dapat dilakukan dengan
mengembangkan program intervensi berbasis sekolah untuk anak-anak dengan epilepsi. Tiga
bidang fokus utama dukungan berbasis sekolah terdiri dari manajemen kejang, intervensi
pembelajaran dan perilaku, dan intervensi psikososial. Selain itu, pendekatan tim kolaboratif
juga harus diterapkan sebagai faktor kunci keberhasilan intervensi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i2.19132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter