PENERAPAN METODE RESIPROKAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER FAIR PLAY DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS X IIS 1 SMA NEGERI 1 GODEAN SLEMAN

Ervan Junanto dan Karmanto,

Abstract


Abstract
This research is aimed to improve students fair play character using reciprocal Method in Physic teaching learning
process for Grade X IIS 1 SMA Negeri 1 Godean Sleman in the academic year 2015/2016. This research was
action research that consisted of two cycles. The subject of the research were Grade X students of SMA Negeri 1
Godean Sleman. Data collecting technique used observation sheet, questionnaire, documentation, and field note.
The findings of this research show the improvement students character on cycle 1 to cycle 2. It was indicated from
the percentage of students who able to achieve the high category up to 32,14 % in cycle 1 and 53,57% in cycle II.
From the result, it can be concluded that using reciprocal method in physic teaching learning process improved the
students fair play for Grade X IIS 1 SMA Negeri 1 Godean Sleman
Keywords: method, reciprocal, character, fair play
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan karakter fair play peserta didik kelas X IIS 1
SMA Negeri 1 Godean Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode resiprokal dalam pembelajaran
olahraga permainan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Subyek dari
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan karakter siswa pada Siklus I dan Siklus II ditunjukkan dengan persentase jumlah siswa yang mampu
mencapai kategori tinggi sebesar 32,14 % pada siklus I dan 53,57 % pada siklus II. Dengan demikian, penerapan
metode resiprokal pada pembelajaran penjasorkes dapat meningkatkan karakter fair play siswa kelas X IIS 1 SMA
Negeri 1 Godean Sleman.
Kata Kunci : metode, resiprokal, karakter, fair play.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v11i2.8189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats