Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola Kasti Dengan Pendekatan Bermain Bagi Siswa Sekolah Dasar
Rizki Kurniati, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia
Epi Supriyani Siregar, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia
Danang Pujo Broto, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Peningkatan kemampuan belajar lempar tangkap bola dalam pola bermain kasti dengan pendekatan bermain bagi siswa sekolah dasar kelas V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode tindakan kelas (class room action research) dengan memberikan perlakuan berupa bentuk permainan. Hasil penelitian Peningkatan kemampuan belajar lempar tangkap bola dalam pola bvermain kasti dengan pendekatan bermain bagi siswa sekolah dasar kelas V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022, dengan nilai KKM 75 siswa tuntas belajar pada siklus I dengan diperoleh rata-rata sebesar 78.83%. Sesuai dengan KKM yang telah ditentukan untuk siswa dengan kategori tuntas dalam belajar sebanyak 35 orang, sedangkan siswa dengan kategori belum tuntas dalam belajar sebanyak 1 orang. Untuk presentase nilai klasikal siswa dari 36 orang dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 80.5%.
Improving the learning outcomes of throwing and catching balls in baseball games through a play approach to V SD No. 014671 Sending Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 Academic Year. The research method used in this study is the method of class action (class room action research) by giving the form of a game. The results of the research efforts to Improving the learning outcomes of throwing and catching balls in baseball games through a play approach to V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022, with a KKM score of 70 students who completed learning in the first cycle with an average of 78.83%. In accordance with the KKM that has been determined for students with a complete category in learning as many as 35 people, while students with an incomplete category in learning are 1 person. For the percentage of students' classical grades of 36 people with an average total value of 80.5% students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimin (2002) . Prosedur penelitian Edisi Revisi V . Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Dinyati, dkk. (2002). Belejar dan Pembelajaran. PT. Asdimahasatia.
Djumidar .M. dkk. (2004). Belajar Berlatih Gerak – gerak Dasar Atletik Dalam Bermain. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Hadi, F., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V Sd Negeri 90 Rejang Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 260–270. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.16774
Nurkenca, B. 1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Sudjana. (2005) Metode Statistik. Edisi ke 5 . Bandung : Penerbit Tarsito Bandung
Sukintaka. (1997) Permainan dan Metodik Buku III. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Proyek Pengadaan Buku Sekolah Pendidikan guru .Jakarta Tahun ke 5 Rencana Pembangunan.
Sukintaka. (1992) Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Jakarta. Depdikbud
Supendi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Depdikbud, Dirjen. Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Suherman, (2000). Dasar-Dasar Penjaskes.Bagian Penetaraan Guru SLTP Setara D-III
Soejoedi. (1979) Permainan dan Metodik Untuk SGO. Jakarta.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Menganjar Disekolah. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Tim Penjas SD. (2006). Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Jakarta. Penerbit Yudistira.
Winarno (2010) Prosedur Dalam Penelitian. Jalarta. Rineka Cipta.
Yudhi, N., Suherman, A., & Saptani, E. (2018). Pengaruh modifikasi bola terhadap lempar tangkap pada permainan bola kasti. SpoRTIVE, 3(1), 391-400. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/13377/7858
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i2.54423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.