Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan sosial menggunakan teaching personal and social responsibility pada materi kebugaran jasmani
Febrita Paulina Heynoek, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Rama Kurniawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PJOK materi kebugaran jasmani kelas VIII SMP/MTS berbasis model pembelajaran TPSR dalam rangka meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dari Borg & Gall dengan pengumpulan data Focuss Group Discussion dan angket/kuisioner serta pemvalidasian oleh 3 orang ahli. Analisis data kualitatif menyimpulkan bahwa produk pengembangan terkesan teacher-centered, langkah-langkah pembelajaran dalam RPP kurang definitif, dan memerlukan penjelasan lebih rinci tentang deskripsi nilai hasil pembelajaran dalam RPP, oleh karena itu produk pengembangan telah direvisi dan divalidasi untuk diuji cobakan. Analisis data kuantitatif menunjukkan RPP layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata-rata skor 83% dan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan peningkatan rata-rata skor menjadi 91%. Bahan Ajar layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata – rata skor 81% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 91% dan hasil uji coba kelompok kecil siswa menunjukkan rata – rata skor 81% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 88%. Panduan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata – rata skor 80% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 92%.
Abstract: This research aimed to develop PE learning tools on physical fitness material for 8th grade based on TPSR learning model to improve students' social skills. This research used the R&D method from Borg & Gall with Focuss Group Discussion, questionnaires, and validation by three experts. The Qualitative data analysis concluded that the development product seemed teacher-centered, the learning steps in the lessons plan were less definitive and required a more detailed description explanation of the learning result in the lesson plan, therefore the product development was revised and validated for testing. The quantitative data analysis showed that lesson plans received to apply with the results of the small group of teachers showed an average score of 83% and the results of the large group showed the average score was 91%. Teaching materials are feasible to be applied with the results of the small group of teachers showed the average score 81% then increased in the large group with the average score was 91% and the results of the small group of students showed an average score of 81% then increased in the large group with the average score was 88%. Learning Monitoring and Evaluation Guidelines were feasible to apply with the results of the small group of teachers showing the average score of 80% and then increased in the large group with an average score of 92%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Patah, I.A., Nur Ihsan, J., Ma’mun, A., & Mulyana. (2022). Effectiveness of Teaching Personal and Social Responsibility Model in Aggressive Control (Experimental Study in Pencak Silat Learning at SMPN 1 Lembang). In Journal of Positive School Psychology (Vol. 2022, Issue 4). http://journalppw.com
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. In Fourth Edition (p. 775). Longman.
Claver, F., Martínez-Aranda, L. M., Conejero, M., & Gil-Arias, A. (2020). Motivation, Discipline, and Academic Performance in Physical Education: A Holistic Approach From Achievement Goal and Self-Determination Theories. Frontiers in Psychology, 11(July), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01808
Dewi, R., Sitorus Pane, B., & Azmi, C. (2020). The difference effect of physical activity before and after school toward physical fitness and the ability of social interaction in gajah mada medan primary school student. 3(2013), 71–76. https://doi.org/10.32698/tech3238
Endrianto, E., & Ma’mun, A. (2019). Physical Education in Higher Education and Sport Active Time Relationship with Physical Fitness and Social Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 318–326. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/download/15003/8540
Fariha, D. A., & Indahwati, N. (2017). Analisis Kompetensi Mahasiswa Dalam Merumuskan Indikator PENCAPAIAN Kompetensi PADA Setiap Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Jenjang SMP Dan SMA/SMK. Jurnal Analisa, 2(1), 1–6.
Firdaus, R. I., Kurniawan, A. W., & Paulina Heynoek, F. (2019). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di SMA Negeri 1 Turen. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Ginanjar, G., & Budiana, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Hellison Untuk Meningkatkan Nilai Tanggung Jawab Siswa Dalam Penggunaan Alat Pembelajaran Penjas. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 41. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11937
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2.
Hellison, D. (2010). Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity. In Teaching Personal and Social Responsibility Through Physical Activity 3rd Edition (p. 775). Human Kinetics.
Heynoek, F. P., Mu’arifin, Widijoto, H., Winarno, Amiq, F., & Hidayat, E. (2010). No Titl. Pendidikan Jasmani & Kesehatan Panduan Bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG), LP3 UM.
Juliantine, T., & Ramadhan, U. (2018). Pengembangan Tanggung Jawab Dan Perilaku Sosial Siswa Melalui Model TPSR Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Sosioteknologi, 17 (3), 350–354.
Kemendikbud, R. (2016). Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. 53(9), 1689–1699.
Kemendikbud, R. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi, 2(2). https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/view/527
Kurniawan, R., & Heynoek, F. (2022). Development of Teacher Guidelines on Non-Locomotor Movement Learning for Student with Autism Developing teacher modules to help teaching physical education for students with autism View project. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 57–68. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.48626
Kurniawan, R., Wibowo, A., Abd, K., Wijaya, D., Kurniawan, A. W., & Corresponding, W. (2021). Students’ interest in physical education learning: Analysis of internal and external factors. Journal Sport Area, 6(3), 385–393. https://doi.org/10.25299/sportarea
Mahgiyanto, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning ) Kelas Iii Di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015 / 2016. Repository Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/213/1/JURNAL INDRATUSVIA MAHGIYANTO.pdf
Mariana, N., Rejeki, R. S. A., & Razaq, J. A. (2017). Rancangan Sistem Evaluasi dan Monitoring Proses Pembelajaran Pada program Studi. Proding SINTAK, 365–371.
Nurani, A. F., Heynoek, F. P., & Kurniawan, R. (2022). Development of TPSR Learning Devices Based Activity Materials on Social Skills Athletic. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(2), 445. https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.7771
Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56–65. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Ranti, S., Hermanzoni, H., & Mardela, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Patriot, 2 (4), 1019–1035.
Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Coba Kerja sama. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 171–180. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/viewFile/3520/1158
Septiadi, F., & Saputri, H. (2020). Penerapan Model Teaching Personal and Social Responsibility Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas XII IPA di SMA Muhammadiyah Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 8(2020), 32–40. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr
Seriati, N. N., & Hayati, N. (2012). Permainan tradisional jawa gerak dan lagu untuk menstimulasi keterampilan sosial anak usia dini. Naskah Publikasi.
Soedjatmiko, S. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 57–64.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Supriadi, D. (2020). Peningkatan tanggungjawab: teaching personal and social responsibility dan aktivitas adventure education. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6 (2), 304–315.
Swadesi, I. K. I., Wahjoedi, H., Sudiana, I. K., & Dharmadi, M. A. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sma Pjok Se-Bali. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, (Vol 4, pp. 924-932).
Syarif, M. E. (2021). NEGERI MAKASSAR TAHUN 2020 EFFORTS TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF UNDER-. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Watansoppeng, Universitas Negeri Makassar.
Winarni, S. (2011). Pengembangan Karakter Dalam Olahraga Dan Pendidikan Jasmani. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 124–139. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1460
Zuhdan, K., Senam, Anjarsari, P., Wibowo, W. S., Putri, R. A., Katriani, L., Ariyati, D., Wardani, Y. R., Khoirunnisa, O. A., Firdausi, I. R. A., & Hardina, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan KOgnitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep ilmiah Siswa SMP. Program Pascasarjana UNY. http://lppm.uny.ac.id/sites/lppm.uny.ac.id/files/Zuhdan Kun Prasetyo_PPM_UNG.pdf
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.48447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.