Melatih tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, serta kecerdasan emosi siswa pada cabang olahraga sepakbola

Farhana Risqi, Universitas Diponegoro, Indonesia
Shifa Putri Arsila, Universitas Diponegoro, Indonesia

Abstract


Faktor psikologis yang dimiliki oleh siswa mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki untuk menunjang keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta melatih tingkat kepercaya diri. Kohesivitas, dan juga kecerdasan emosi seorang siswa melalui permainan serta olahraga pada cabang sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif kuantiatatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 siswa pada kelas khusus olahraga SMAN 1 Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta sampel yang digunakan merupakan keseluruhan populasi. Instrument yang digunakan adalah memberikan kuisioner kepada siswa kelas khusus olahraga. Analisis yang dilakukan untuk penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil yang didapatkan adalah pada tingkat kepercayaan diri, kohesivitas serta kecerdasan emosional siswa kategori tinggi sebesar 37,5% yang dapat dikartakan bahwa ketiganya mempengaruhi keberhasilan belajar siswa melalui permainan sepakbola.

 

Abstract: Psychological factors possessed by students affect the intelligence possessed to support learning success. This study aims to determine and train the level of self-confidence. Cohesiveness, and also the emotional intelligence of a student through games and sports in the football branch. The type of research used is descriptive quantitative with survey method. The sample used in this study were 24 students in a special sports class at SMAN 1 Sewon, Bantul Regency, Yogyakarta. The sample used was the entire population. The instrument used is to give questionnaires to students in special sports classes. The analysis carried out for this research is using quantitative descriptive analysis which is presented in the form of percentages. The results obtained are the level of self-confidence, cohesiveness and emotional intelligence of students in the high category of 37.5% which can be said that all three affect the success of student learning through football games.


Keywords


kepercayaan diri; kohesivitas; kecerdasan emosi; sepakbola.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Azwar, S. (2012). Validitas dan reabilitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Carron, A. V., Widmeyer, W. N., & Brawley, L. R. (1985). The development of an instrument to assess cohesion in sport teams: The group environment questionnaire. Journal of Sport Psychology, 7(3), 244–266. https://doi.org/10.1123/jsp.7.3.244

Dimyanti, D., Herwin, H., & Hastuti, T. A. (2013). Karakteristik psikologis atlet di pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP). Psikologi, 40(2), 143–158. https://doi.org/10.22146/jpsi.6973

Gottman, J., & DeClaire, J. (2001). Kiat-kiat membesarkan anak yang memiliki kecerdasan emosional (T. Hermaya). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Guntoro, T. S., Muhammad, J., & Qomarrullah, R. (2020). Faktor kemampuan fisik dan psikologis penunjang keterampilan atlet elit sepakbola Propinsi Papua. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 390–406. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.13768

Husdarta, H. (2011). Psikologi olahraga. Alfabeta.

Jowett, S., & Chaundy, V. (2004). An investigation into the impact of coach leadership and coach-athlete relationship on group cohesion. Group Dynamics, 8(4), 302–311. https://doi.org/10.1037/1089-2699.8.4.302

Komarudin, K. (2015). Psikologi olahraga: latihan keterampilan mental dalam olahraga kompetitif. Rosda.

Luxbacher. (2011). Sepakbola langkah- langkah menuju sukses. PT. Rosada Jaya Putra.

Mangkuprawira. (2009). Manajemen sumber daya manusia strategik. Ghalia Indonesia.

Muhajirin, M., & Purwanto, S. (2021). Analisis kemampuan mendribbling bola menggunakan massed and distributed practice pada sepakbola Analysis of the ability to dribble the ball using soccer drills in bulk and distributed. Sepakbola, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i1.92

Mustofa, I. (2015). Hubungan kohesivitas terhadap prestasi tim sepakbola pada pertandingan antar kelas SMP Negeri 11 Kotabumi. Universitas Lampung.

Nanda, F. A., & Dimyati, D. (2019). The psychological skills of basketball athletes: Are there any differences based on the playing position? Jurnal Keolahragaan, 7(1), 74–82. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.26360

Nisa, K., & Jannah, M. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 36–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41165

Novriansyah, N., Irianto, D. P., Rahmat, Y. N., & Nanda, F. A. (2019). Effect of imagery on freethrow shooting in basketball extraculicular. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 155–161. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.29319

Patton. (2000). EQ pelayanan sepenuh hati. PT Pustaka Delapratasa.

Pradana, Y. D., & Rachman, H. A. (2021). Pendekatan bermain, intruksi langsung, dan motivasi: Adakah pengaruh keterampilan peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA? Sepakbola, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i1.93

Pradipta, A. A., & Restu, Y. S. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi anggota unit bola basket UMS. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prahastara, P., & Sugiyanto, F. (2021). Pengaruh metode latihan dan agility terhadap keterampilan sepakbola. Sepakbola, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i1.94

Purnomo, A., & Irawan, F. A. (2021). Analisis kecepatan dan kelincahan dalam menggiring bola pada tim futsal. Sepakbola, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i1.90

Rizky. (2011). Dinamika tim dan grup mata kuliah psikologi olahraga. Blogspot.Co.Id.

Santiadarma. (2000). Dasar-dasar psikologi olahraga. Pustaka Sinar Harapan.

Selviana, S., & Dwi, K. (2021). Pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kecemasan menghadapi pertandingan sepak bola pada pemain bola SSB Bintang Ragunan. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 1–7. https://doi.org/0.37817/ikraith-humaniora.v6i2.1494

Setyobroto. (2005). Psikologi olahraga. PT. Anem Kosong Anem.

Tangkudung, & Mylsidayu. (2017). Mental training aspek-aspek psikologi dalam olahraga. Cakrawala Cendikia.

Triananda, A., Syafrial, S., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Karakteristik psikologis atlet PON Bengkulu ditinjau dari cabang olahraga individu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 126–137. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14862

Wisesa, D. A., & Siswantoyo, S. (2021). Perbedaan metode latihan dan tingkat koordinasi berpengaruh terhadap kemampuan dribbling pemain sepakbola U-12. Sepakbola, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i1.91




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.40385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats