Survei pemanfaatan kolam renang sebagai prasarana pembelajaran akuatik sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nur Sita Utami, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran penjas di sekolah. Renang adalah salah satu sub pembelajaran penjas yang ada disekolah, dalam pemleajaran renang memerlukan sarana yaitu kolam yang digunakan dalam pelasaan pembelajaran. Kolam renang meru[akan salah satu sarana prasarana yang harus ada untuk menerapkan pembelajaran akuatik. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pemanfaatan kolam renang sebagai prasarana pembelajaran akuatik SD di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode survei. Angket digunakan sebagai intrumen pengambilan data. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan stratified proportional random sampling. Populasi SD yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 1428 kolam. Setiap kota dan kabupaten diambil 5% sehingga didapat jumlah sampel 72 sekolah. Pemanfaatan kolam renang sebagai prasarana pembelajaran akuatik SD di Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup. Kolaborasi antara pihak sekolah dengan pengelola kolam renang perlu ditingkatkan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran akuatik.

 

Abstract: Facilities and infrastructure are important factors in the success of physical education learning in schools. Swimming is one of the physical education sub-learning in schools, in swimming lessons, it requires facilities, namely the pool used in learning lessons. The swimming pool is one of the infrastructure facilities that must exist to implement aquatic learning. The purpose of this study was to use the swimming pool as an elementary aquatic learning infrastructure in the Special Region of Yogyakarta. This research is a case study research with a survey method. The questionnaire was used as a data collection instrument. The research sampling technique was stratified proportional random sampling. The population of elementary schools in the Special Region of Yogyakarta is 1428 ponds. 5% of each city and district was taken so that a sample of 72 schools was obtained. The use of swimming pools as an elementary aquatic learning infrastructure in the Special Region of Yogyakarta is included in the sufficient category. Collaboration between the school and the pool manager needs to be improved to support the implementation of aquatic learning

Keywords


aquatic; infrastructure; akuatik; prasarana.

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ardiansah, F., Martin, R., Altachzi, D., Mahdalena, P., Sagita, D., Maryani, D., & Apriyani, M. (2020). Pemanfaatan taman rekreasi pantai punai sebagai sarana olahraga masyarakat di Desa Tanjung Kelumpang. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.46

Asalnaije, H. (2019). Manajemen sarana prasarana dikjaskes dan pemanfaatannya di SMA Negeri 1 Kefamenanu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 94. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p94-102

Azwar, S. (2015). Skala pengukuran sikap manusia. Pustaka Pelajar.

Badaruddin, B., & Rusli, M. (2020). Peran sarana prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(1), 94–101. https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18462

Bajuri, F. A., Hidayatullah, M. F., Kristiyanto, A., Keolahragaan, I., & Maret, U. S. (2018). Pemanfaatan fasilitas ruang terbuka/publik sebagai prasarana olahraga. Prosiding Seminar Nasional Iptek Olahraga (Senalog), 1(1), 1–3. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/199

Button, C., Button, A., Jackson, A.-M., Cotter, J., & Maraj, B. (2020). Teaching foundational aquatic skills to children in open water environments. International Journal of Aquatic Research and Education, 13(1). https://doi.org/10.25035/ijare.13.01.01

Dayanti, J., & Sumaryanto, S. (2021). Implementation of physical, sports, and health education facilities. Jurnal Keolahragaan, 9(1), 26–34. https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.32490

Hafina, A., Nur, L., & Rusman, N. (2019). Basic attitude ability of early childhood in aquatic learning. Proceedings of the 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018), 214(Ices 2018), 31–34. https://doi.org/10.2991/ices-18.2019.8

Hafina, A., Nur, L., Rusmana, N., & Malik, A. A. (2020). Fostering cognitive ability through game-based aquatic learning in early childhood. Proceedings of the 4th Asian Education Symposium (AES 2019), 438(Aes 2019), 54–57. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.012

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.68

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah, (2016).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendi, Pub. L. No. 37 (2018).

Muhsan. (2017). Kebijakan pemerintah tentang penyediaan sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (Analisis tentang perencanaan, realisasi, pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 117–125. https://doi.org/10.36312/jisip.v1i2.183

Nugroho, F., Suherman, W. S., & Nanda, F. A. (2020). An analysis of the Regency of Rejang Lebong government policy in procuring the sports facility. Quality in Sport, 6(3), 7. https://doi.org/10.12775/qs.2020.015

Nur, L., Hafina, A., Rusmana, N., Suryana, D., & Malik, A. A. (2019). Basic motor ability: Aquatic learning for early childhood. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(2), 51–54. https://doi.org/10.15294/active.v8i2.28406

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

Santosa, I., Sugiyanto, S., & Kristiyanto, A. (2014). Kebijakan pemerintah tentang penyediaan sarana dan prasarana olahraga publik di Kabupaten Kudus. Indonesian Journal of Sports Science, 1–11. https://jurnal.pasca.uns.ac.id/index.php/ss/article/view/1816

Stallman, R. K., Moran, K., Quan, L., & Langendorfer, S. (2017). From swimming skill to water competence: Towards a more inclusive drowning prevention future. International Journal of Aquatic Research and Education, 10(2). https://doi.org/10.25035/ijare.10.02.03

Wiant, C. (2012). New public survey reveals swimmer hygiene attitudes and practices. International Journal of Aquatic Research and Education, 6(3), 201–202. https://doi.org/10.25035/ijare.06.03.04




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.39656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats