Pengembangan model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan untuk anak sekolah dasar
Adi Saputra, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan untuk siswa sekolah dasar kelas 2 materi gerak dasar melompat khususnya pada gerak lokomotor. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan (Permainan Lompat Banner ADI) di sekolah dasar kelas 2 dan megetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik siswa terhadap model yang dikembangkan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reseaarch & Development (R & D) dari Borg and Gall. Pengambilan data diambil menggunkan data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket, kuesioner dan instrumen tes kemampuan gerak dasar melompat. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan: potensi dan masalah, pengumpulan data, membuat desain produk awal, validasi ahli. Selanjutnya produk di uji cobakan kepada siswa melalui Uji coba kelompok kecil, revisi, Uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Subjek uji coba produk terbatas adalah siswa kelas 2 SDN 2 Riau Silip dan uji coba utama adalah siswa kelas 2 SDN 2 Puding Besar. Data hasil penelitian diperoleh berupa data hasil validasi ahli dengan nilai 80,6% layak. Sedangkan hasil uji efektifitas model pembelajaran diperoleh nilai t-hitung = 4,3882 lebih besar dari nilai t-tabel = 2,0939 atau (t-hitung ˃ t-tabel). Hal ini dapat diisimpulkan bahwa: (1) Pengembangan model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan ini dapat meningkatkan kemampuan dan semangat belajar anak sekolah dasar. (2) Model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan (permainan lompat banner ADI) layak digunakan sebagai sumber belajar bagi anak sekolah dasar. (3) Model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan (permainan lompat banner ADI) efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar melompat anak sekolah dasar.
Abstract: The purpose of this study was to produce a game-based learning model for basic jumping motions for elementary school students in grade 2 with basic jumping motion materials, especially locomotor movements. In addition, this study aims to obtain in-depth information about the development and application of a game-based jumping basic motion learning model (the ADI Banner Jumping Game) in grade 2 elementary schools and to find out the effectiveness, efficiency and attractiveness of students to the developed model. is a research and development Research & Development (R & D) from Borg and Gall. Data collection was taken using qualitative and quantitative data. The instruments used were questionnaires, questionnaires and basic jumping movement ability test instruments. This research was conducted through several stages: potentials and problems, data collection, initial product design, expert validation. Furthermore, the product was tested on students through small group trials, revisions, field trials and final product revisions. The subjects of the limited product trial were 2nd grade students of SDN 2 Riau Silip and the main trial was 2nd grade students of SDN 2 Puding Besar. The research data obtained in the form of expert validation data with a value of 80.6% is feasible. While the results of the learning model effectiveness test, the t-count = 4.3882 is greater than the t-table = 2.0939 or (t-count t-table). It can be concluded that: (1) The development of this game-based basic jumping motion learning model can improve the learning abilities and enthusiasm of elementary school children. (2) The game-based basic jumping motion learning model (the ADI banner jump game) is appropriate to be used as a learning resource for elementary school children. (3) The game-based jumping basic movement learning model (the ADI banner jump game) is effective in improving the basic jumping ability of elementary school children.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Abdillah, A. (2019). Pengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 138. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i2.1446
Bahktiar, S. (2015). Merancang pembelajaran gerak dasar anak. Universitas Negeri Padang.
Blegur, J., & Wasak, M. R. P. (2018). Permainan kecil: Teori dan aplikasi. Jusuf Aryani Learning. https://osf.io/preprints/inarxiv/ujgka/
Budiwanto, S., Winarno, M., & Mardianto, M. (2012). Asesmen pembelajaran penjaskes SMA/SMK. Universita Negeri Malang.
Maelani, W., & Sukriadi, S. (2020). Model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 02(03), 41–52. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.15759
Rahmat, Z. (2015). Atletik dasar dan lanjutan. STKIP Bina BangsaGetsempena.
Riyanto, I. A., & Kristiyanto, A. K. (2017). Pengembangan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan untuk anak sekolah dasar usia 9-10 tahun. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 94. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8679
Shaputra, R. Z., Flora, R., & Sukirno, S. (2020). Pengembangan model pembelajaran gerak dasar nomor lompat berbasis permainan tradisional di sekolah dasar. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(3), 82–89. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/10515
Suharnoko, F., & Firmansyah, G. (2018). Pengembangan model pembelajaran melompat melalui permainan lompat cermin untuk siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 145. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12169
Sukirno, S., & Pratama, R. R. (2018). Pengembangan model pembelajaran atletik berbasis permainan di sekolah dasar. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 274–282. https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8095
Sumarsono, A. (2017). Implementasi model pembelajaran atletik melalui permainan berbasis alam. Jurnal Magistra, 4(2), 70–83. https://doi.org/10.35724/magistra.v4i2.697
Supriatna, E. (2018). Pengembangan model pembelajaran gerak dasar bola voli untuk siswa SDN 16 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2), 99–107. https://doi.org/10.17977/um040v4i2p16-24
Vai, A., Slamet, S., Aspa, A. P., Rahmatullah, M. I., & Nanda, F. A. (2020). Development of lectora inspire based learning media for human body anatomy. Jurnal Menssana, 5(2), 146–156. https://doi.org/10.24036/MensSana.050220.09
Webiantoro, E., Wiradihardja, S., & Nuraini, S. (2020). Model pembelajaran lokomotor usia 6-7 tahun berbasis permainan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(1), 20–27. https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18450
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.35422
Refbacks
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.