Pengembangan buku ajar psikologi olahraga berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa

Luthfie Lufthansa, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
Yulianto Dwi Saputro, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
Rubbi Kurniawan, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

Abstract


Upaya optimalisasi proses pembelajaran dapat dilakukan dengan meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses dengan memanfaatkan teknologi sebagai dasar pengembangan buku ajar. Selain faktor-faktor yang bersifat eksternal (buku ajar), faktor-faktor internal pun tidak bisa dikesampingkan peran pentingnya. Sehingga diharapkan faktor internal dan eksternal mampu saling mendukung. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode 4D (define, design, develope, disseminate) dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan N Gain Score untuk mengetahui efektifitas penggunaan buku ajar tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan wawancara, angket validas ahli materi, media, dan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar ini dikategorikan valid dan layak dengan predikat sangat bagus dengan nilai validasi 87,5% (aspek materi), 85 % (aspek bahasa) dan 87,5 % (aspek media). Buku ajar ini terbukti memberi kontribusi atas peningkatan motivasi belajar mahasiswa dengan nilai N-Gain Score 0,55 dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan nilai N-Gain Score 0,68. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Psikologi Olahraga berbasis androin ini dapat meningkatka motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang.

 

Development of android-based sports psychology teaching book to improve student learning motivation and critical thinking ability

 

Abstract

Efforts to optimize the learning process can be done by increasing the effectiveness and efficiency of the process by utilizing technology as the basis for developing teaching book. In addition to external factors (teaching book), internal factors cannot be ruled out as important. It is hoped that internal and external factors can support each other. This research is expected to be able to improve student motivation and critical thinking skills. This study uses the 4D method (define, design, develop, disseminate) using quantitative descriptive analysis and using the N Gain Score to determine the effectiveness of the use of the teaching book. Research instruments in the form of observation and interview sheets, validity questionnaire material experts, media, and language. The results of this study indicate that this textbook is categorized as valid and feasible with a very good predicate with a validation value of 87.5% (material aspects), 85% (language aspects), and 87.5% (media aspects). This textbook is proven to contribute to the improvement of students' learning motivation with an N-Gain Score of 0.55 and a critical thinking ability of students with an N-Gain Score of 0.68. So it can be concluded that the development of this android-based Sports Psychology textbook can improve learning motivation and critical thinking skills of students at the Budi Utomo Institute of Teacher Training in Malang.


Keywords


motivasi belajar; kemampuan berpikir kritis; buku ajar; psikologi olahraga; critical thinking skills; sports psychology

Full Text:

PDF

References


Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 597–602. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6203

Anggraini, I. S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.25273/pe.v1i02.39

Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Mobile Learning berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. AGASTYA: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5072

As’ari, A. R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematic Teachers are not Critical Thinkers yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145–156. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.3961.145-156

Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 2(1).

Habibi, A. I., Hartati, T. A. W., & Lestari, P. B. (2019). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) IKIP Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 25(2), 6–11. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.504

Irmawati, F., Oktaviana, I., & Rahayu, L. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pengetahuan Lingkungan Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 12. https://doi.org/10.25273/florea.v3i1.783

Kurniawati, I. D. (2018). Penerapan Pembelajaran Peer Instruction Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 1, pp. 39–43). Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/873

Lufthansa, L., Susilo, S., Zaini, M., Kusmawati, W., Pawitra, P. R. A., & Anugraini, A. P. (2019). Pengembangan Buku Ajar Ilmu Gizi Olahraga: Studi Motivasi dan Hasil Belajar. Journal Sport Area, 4(2), 327. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3863

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I10.10062

Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.13139

Saputro, Y. D., & Wahyu, T. A. (2019). Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Bahan Ajar Mobile Learning pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di IKIP Budi Utomo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 35–46. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019.pp35-46

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Council for Exceptional Children, 1920 Association Drive, Reston, Virginia 22091 (Single Copy, $5.50).

Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats