Pengembangan mobile learning senam lantai DBL berbasis android untuk kelas VII SMP

Imam Nurseto, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Saryono Saryono, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi mobile learning senam lantai DBL (guling depan, guling belakang, dan guling lenting) berbasis android untuk kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan gabungan ADDIE dan waterfall. Subyek penelitian ini berjumlah 210 peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik analisa data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penilaian materi oleh ahli materi meliputi aspek substansi materi dan aspek desain pembelajaran dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase nilai sebesar 90,71%, (2) penilaian media oleh ahli media meliputi aspek atribut kualitas berdasarkan Pressman, prinsip media pembelajaran berdasarkan Wibawanto, dan aspek tampilan berdasarkan Kemendiknas dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase nilai 92,10%, (3) penilaian materi oleh guru meliputi aspek substansi materi dan aspek desain pembelajaran dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase nilai sebesar 95,36%. (4) penilaian respon peserta didik yaitu The Computer System Usability meliputi aspek kegunaan sistem aplikasi, kualitas informasi aplikasi, dan kualitas tampilan aplikasi dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase nilai sebesar 82,06%.

 

Develpoment of mobile learning gymnastics DBL based on android for seven grade of junior high school

 

Abstract

The objective of this research is to design as well as to create an android mobile learning application of gymnastics DBL (forward roll, back roll, neckspring) used for seven grade of junior high school. This research is classified as a Research and Development (R&D) using the combined development model of ADDIE and the waterfall. The subjects of this study are 210 students of seven grade of SMP Negeri 15 Yogyakarta.The data of this research are analyzed by using descriptive quantitative method. The results of this study show that (1) the materials evaluated by the experts, which consist of materials substance aspect and learning design aspect, are categorized as "Very Eligible" with a percentage value of 90.71%; (2) the media assessed by the experts, which consist of quality attributes aspect based on Pressman, the principles of instructional media based on Wibawanto, and the display aspects based on the Ministry of National Education, is categorized as "Very Eligible" with a percentage value of 92.10%; (3) the materials evaluated by the teachers, which consist of material substance aspect and learning design aspect, is categorized as "Very Eligible" with a percentage value of 95,36%; (4) the computer system usability evaluated by the students, which consist of apps system usefulness aspect, apps information quality aspect, and apps interface quality aspect, is categorized as "Very Eligible" product  with a percentage value of 82,06%.

Keywords


mobile learning, senam lantai, guling depan, guling belakang, guling lenting, forward roll, back roll, neckspring

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Branch, R. M. (2009). Intructional Design : The ADDIE Aproach. New York: Springer.

Djatmiko, I.W. (2018). Strategi Penulisan : Skripsi Tesis & Disertasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Juniarta, A. T. (2016). Mengkaji Penerapan Kognitif dalam Tuntutan Psikomotorik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Prosiding Seminar Nasional Peran Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan. UNM, Maret, 228-239.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Depdiknas.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran : Manual dan Digital, Cet. 1 Ed. 2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Lewis, J.R. (1995). IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires : Psychometric Evaluation and Instructions for Use International Journal of Human-Computer Interaction 7(1), 57-78. Diambil pada tanggal 13 Agustus 2018 dari https://www.researchgate.net/publicaton/200085994

Muhajir. (2017). Buku Guru : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/Mts Kelas VII (Rev. ed.). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Naya. (2018). Wow! Ini 10 Design Grafis yang Akan Menjadi Trend di 2018. Bali: nayaproject. Diambil pada tanggal 21 Mei 2018, dari https://www.nayaproject.id/wow-ini-10-design-grafis-yang-akan-menjadi-trend-di-2018/

Nazruddin. (2015). Andoid : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Rev. ed. 2). Bandung: Informatika.

PlayStation®Vita. (2018). PlayStation®Vita System Update 3.63. Diambil pada tanggal 10 Oktober 2018, dari https://asia.playstation.com/en-id/psvita/system-update/system-update-3-68/

Pressman, Roger. S. (2010). Software Engineering : A Practitioner’s Approach (Seventh Edition). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UX Design Trends Of 2018. Diambil pada tanggal 21 Mei 2018, dari https://www.slideshare.net/techugo_ss/ux-design-2018-ppt?qid=88bb5556-d6de-4176-b7cc-80c55ca5c180&v=&b=&from_search=7

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran : Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet kreatif.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.30121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats