Media interaktif sebagai optimalisasi pemahaman materi permainan bola tangan

Adi Sumarsono, Universitas Musamus Merauke Papua, Indonesia
Anisah Anisah, SMP Negeri 2 Merauke, Indonesia
Iswahyuni Iswahyuni, SD Negeri Kejapanan I, Pasuruan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan media interaktif sebagai cara meningkatkan pemahaman siswa sekolah menengah untuk materi pengenalan permainan bola tangan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang meliputi tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap observasi (observation), dan tahap refleksi (reflection). Siklus penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan di lapangan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan penilaian yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pemahaman siswa terhadap pengenalan yang meliputi tujuan permainan (afektif, kognitif dan psikomotor), unsur dan indikator dalam permainan, teknik dasar permainan bola tangan, alat yang digunakan dalam permainan, durasi permainan dan peraturan pelaksanaan permainan dari pra siklus ke siklus I meningkat mencapai 9%, (2) pencapaian peningkatan pemahaman siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 34% (3) efektifitas pembelajaran pendidikan jasmani mengunakan media interaktif masuk dalam kategori “baik”. Bola tangan diajarkan kepada siswa sekolah berdasarkan kompetensi dasar permainan bola besar, pada penelitian ini bola tangan masih belum dikenalkan pada materi sebelumnya, untuk itu penggunaan media sangat dianjurkan selain memberi penekanan pada teori juga memberikan gambaran dasar serta praktek langsung sebagai jenis aktivitas gerak yang menunjang pendidikan jasmani di sekolah.

 

Interactive media as understanding optimization handball game

 

Abstract

This study aimed at improving the understanding of the introduction and effectiveness of interactive media on the introduction of handball games to middle school students. This research was Classroom Action Research includeing steps such as planning, implementation, action, and reflection phases. The research cycle consisted of two cycles, each cycle consisting of two meetings. Data collection techniques were carried out by observing, interviewing and documenting. The instruments were assessment instruments covering affective, cognitive and psychomotor aspects. Analysis of the data used is a qualitative description. The results of this study  were (1) students' understanding of the introduction that includes the objectives of the game (affective, cognitive and psychomotor), elements and indicators in the game, the basic techniques of handball games, the tools used in the game, the duration of the game and the rules for implementing the game from pre-cycle to the first cycle increased to 9%, (2) the achievement of increased understanding of students in the first cycle and second cycle reached 34% (3) the effectiveness of physical education learning using interactive media included in the "good" category. The hand ball is taught to school students based on the basic competencies of large ball games, in this study handball has not been introduced to the previous material, for that the use of media is highly recommended in addition to emphasizing the theory as well as providing a basic picture and direct practice as a type of motion activity that supports education physical at school.


Keywords


media interaktif; bola tangan; interactive media; handball

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Anugeranto, V. M. (2013). Evektifitas pembelajaran menggunakan media audio-visual terhadap teknik passing dalam sepak bola untuk kelas XKI1 SMKN 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 01.

Hamzah, A. (2015). Pola penggunaan situs jejaring sosial sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa. Jurnal Teknoin Vol. 21 No. 4 , 173.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (Studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi.

Haryoko, S. (2009). Efektifitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi@elektro Vol. 5 No.1.

Hilmi. (2016). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Lantanida Vol. 4 No. 2, 129.

Manhnun, N. (2012). Media pembelajaran kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan impelementasinya. Jurnal Pemikiran Islam Vol. 37 No. 1, 27.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Jurnal Wawasan Ilmiah Vol. 8 No. 1, 25.

Prayogo, I. Y. (2006). Efektivitas pembelajaran passing bawah bolavoli untuk kelas X dengan penggunaan media audio vis. Jurnal universitas Negeri Surabaya.

Sanjaya, W. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sediyani, T., Yufiarti, & Hadi, E. (2017). Integration of audio visual multimedia for special education pre-service teachers’ self-reflections in developing teaching competencies. Journal of Education and Practice Vol.8, No.6,, 107.

Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan media pokari pokabu (pop-up dan kartu ajaib pengelompokkan tumbuhan) untuk siswa kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. (1): 109-118, 117.

Sugiyo, W., Kusuma, E., & Wahyuni, P. T. (2009). Efektivitas metode student centered learning yang berbasis fun chemistry untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 3.

Sumarsono, A., & Anisah, A. (2018). Media audio visual sebagai solusi efektif pembelajaran teknik gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 5.

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2018). Implementation interactive media and characterized meme media: A comparation study. Journal of Education and Vocational Research (ISSN 2221-2590) Vol. 9, No. 1.

Susanto, E. (2013). Pembelajaran pendidikan jasmani berbasis karakter untuk meningkatan nilai-nilai afektif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 293.

Toufik, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkung tema konservasi pendekatan science edutaimentan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 140.

Wiriatmaja, R. (2006). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 233.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.24051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats