Upaya meningkatan kebugaran jasmani melalui circuit training
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 32 Siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dokumen dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Dari hasil analisis, terjadi peningkatan yang signifikan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada Prasiklus hasil belajarKebugaran Jasmani menggantung peserta didik kategori cukup 25,8%, kurang 64,5% dan sangat kurang 9,7%. Dalam Prasiklus jumlah peserta didik yang tuntas adalah 8peserta didik. Sedangkan padaSiklus I hasil peningkatan kebugaran jasmani peserta didik pada kategori baik sebesar 22,5%, cukup 32,2%, kurang 42% dan kurang sekali 3,2%. Dalam Siklus I jumlah peserta didik yang tuntas adalah 17peserta didik. Dan pada siklus II hasil peningkatan kebugaran jasmani menggantung peserta didik pada kategori sangat baik sebesar 6,4%, baik 35,5%, cukup 38,7% dan kurang 19,4%. Dalam Siklus II jumlah peserta didik yang tuntas adalah 25peserta didik. Peningkatan terjadi pada siklus I. Hasil peningkatan kebugaran jasmani meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar kebugaran jasmani meningkat menjadi lebih baik. Lebih banyak siswa yang memenuhi standar ketuntasan. Selain itu tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan alat bantu mampu meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.