Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam setting lesson study terhadap hasil belajar pendidikan jasmani

I Komang Ngurah Wiyasa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar Penjas antara mahasiswa PGSD FIP Undiksha semester IV UPP Denpasar tahun 2016/2017 yang dibelajarakan menggunakan model pembelajaran tipe NHT dalam setting lesson study dan mahasiswa yang dibelajarakan secara konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancanagan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD FIP Undiksha semester IV UPP Denpasar tahun2016/2017. Sampel kelas terteliti ditentukan dengan teknik random sampling. Dalam penelitian ini sampel terteliti adalah dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penentuan sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara diundi. Data penelitian berupa hasil belajar penjas diperoleh dengan metode tes yakni tes baku keterampilan atletik yang dilakukan diakhir kegiatan penelitian (post test). Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis uji-t, diperoleh thitung sebesar 27,24. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan haraga ttabel dengan dk=45+45-2=88 dan taraf signifikan 5% diperoleh harga ttabel 2,00. Oleh karena thitung >ttabel (27,24>2,00) maka H0 ditolak dan Ha deterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pendidikan jasmani mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe NHT dalam setting lesson study dengan mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional.

 

The influance of cooperative learning model type NHT in setting lesson on physical education learning out comes

 

Abstract

This study aims to determine significant differences between student learning outcomes Penjas PGSD FIP Undiksha fourth semester UPP Denpasar year 2016/2017 that learned using a whole by setting the famil-lesson study and students who dibelajarakan conventionally. The research is a quasi experiment with a scheme would nonequivalent control group design. The study population was a student of fourth semester PGSD FIP Undiksha UPP Denpasar year 2014/2015. Terteliti grade samples is determined by random sampling technique. In this study sample terteliti are two classes, one class experimental and one control class. Determination of the sample as an experimental class and grade control is done by a draw. The research data in the form of physical education learning outcomes obtained with a test method which is a standard test conducted at the end of playing skills, research activities (post-test). Furthermore, the data were analyzed using t-test analysis. Based on the calculation and t-test analysis, obtained thitung 27.24. This price is then compared with haraga ttabel with df = 45 + 45-2 = 88 and a significance level of 5% was obtained ttabel price of 2.00. Therefore thitung> ttable (27.24> 2.00) H0 rejected and Ha deterima. This means there is a significant difference between the results of student learning that learned by using part-whole by setting lesson study with students that learned conventionally. Top

Keywords


model pembelajaran tipe NHT; setting lesson stydy; pendidikan jasmani; Cooperative learning model tipe NHT; Lesson study; Physical education learning outcomes

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Manijenen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasr Evalusai Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aziz Syamsir. (2004). Pembelajaran Permainan Kecil. Jakarta: Depdiknas.

Cholik, T dan Rusli L. (1997). Pendidikan Jasmani dan Kesehatann. Jakarta: Ditjen Pendidkan Tinggi. Proyek Pengembangan Pendidkan Guru Sekolah Dasar Depdikbud

Koyan, I Wayan. (2011). Statistik Pendidkan. Singaraja : Undiksha Press.

Muhfida. (2010). Pembelajaran Konvensional. Tersedia pada http://muhfida.com/pem-belajaran konvensional/. (Diakses Tanggal 19 April 2013).

Oka Negara, dkk. (2009). Efektivitas Penggunaan metode Bagian-Keseluruhan (part Whole Method) Dalam meningkatkan Keterampilan Bermain Sepak Bola pada siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian tidak dipublikasikan.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Syamsyuri dan Ibrahim. Lessen Study. Malang. UM Press.

Syarifuddin. (1998). Pendidikan jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Sukintaka. (2003). Permainan dan Metodik. Jakarta: Dirjen Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Depdikbud.

Winarsunu, Tulus. (2009). Statistik Dalam Penelitian psikologi Pendidikan. Malang: UM Press.

Yamin, Martimis. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gunung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats