Krisis Identitas dan Legitimasi dalam Pendidikan Jasmani

Caly Setiawan,

Abstract


Apa yang disebut sebagai kebangkrutan identitas dalam pendidikan jasmani
baik disadari maupun tidak telah terjadi selama ini. Sebagai mata pelajaran, sebagai
profesi, sebagai nilai, dan sebagai bidang studi, pendidikan jasmani tidak muncul
sebagai entitas yang diperhitungkan. Justru dalam situasi-situasi tertentu seringkali
dianggap remeh temeh. Padahal pendidikan jasmani memiliki potensi untuk menjadi
urgen dalam usaha pendidikan nasional.
Oleh sebab itu, tulisan ini berusaha untuk memetakan status pendidikan jasmani
saat ini dalam level yang lebih basis. Tulisan ini diawali oleh introduksi mengapa
pemikiran ini harus dimunculkan sebagai wacana baru di Indonesia. Memasuki
wilayah inti, tulisan ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama mengupas
tentang krisis yang dihadapi, terutama krisis identitas. Perbincangannya lebih ke
arah konteks di mana Indonesia menjadi latarnya. Meskipun beberapa bandingan
dan sumber berasal dari konteks di luar masyarakat Indonesia.
Bagian kedua merupakan upaya pencarian legitimasi baru bagi pendidikan jasmani
untuk menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan penting. Konsekuensinya,
usaha ini membutuhkan peta konsep pendidikan jasmani yang mempengaruhi
cara berpikir terhadap pendidikan jasmani baik bagi komunitasnya langsung maupun
mereka yang berada di luarnya. Dengan kata lain, bagian kedua akan menawarkan
jalan alternatif bagi pemikiran konseptual pendidikan jasmani.
Setelah bagian kedua pokok tulisan ini, maka akan diakhiri dengan konklusi di
mana intinya perbincangan ini adalah bahwa apa yang dipersoalkan dan digagas
sepanjang tulisan ini merupakan pemicu awal. Sehingga masih banyak dibutuhkan
perbincangan lanjutan untuk mencapai kesempurnaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats