UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS X MIA 3 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MEDIA VIDEO TAHUN AJARAN 2015-2016
Abstract
Abstract
The problem in this research is the lack of ability level roll forward learners class X Mia 3 SMA Muhammadiyah 1
Yogyakarta in learning Penjasorkes. Thus, this study aims to improve the ability of the front roll students in class
X Mia 3 Penjasorkes learning through the medium of video. Ni research is classroom action research which lasted
for two cycles, each cycle consisting of one meeting. The subjects of this study are students of class X Mia 3 SMA
Muhammadiyah 1 Yogyakarta totaling 19 learners. Data collection techniques used were observation and interviews
with teachers. The results showed that students of class X Mia 3 increased significantly after being given the ability to
act by the researcher. In the first cycle an increase in the value of completeness roll forward from the initial condition
of 21.05% to 36.84%. Such conditions do not meet the indicators of success or an increase reached 75.00%, so
that the action on the second cycle. In the second cycle increased the value of the thoroughness of the first cycle of
36.84% to 84.21%. It can be concluded that bolsters the ability of future students of class X Mia 3 in the following
study penjasorkes an increase in video media.
Keywords: Ability, Bolsters Home, Media Video
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat kemampuan guling depan peserta didik kelas X Mia
3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam pembelajaran Penjasorkes. Sehingga, dalam penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan guling depan peserta didik kelas X Mia 3 dalam pembelajaran Penjasorkes melalui
media Video.Penelitian ni adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari
satu pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mia 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang
berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap
guru.Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas X Mia 3 mengalami peningkatan kemampuan secara signifikan
setelah diberi tindakan oleh peneliti. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai ketuntasan guling depan dari kondisi
awal 21,05% menjadi 36,84%. Kondisi tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan atau terjadi peningkatan
mencapai 75,00%, sehingga dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai ketuntasan
dari siklus pertama 36,84% menjadi 84,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guling depan
siswa kelas X Mia 3 dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes terjadi peningkatan dengan media video.
Kata kunci: Kemampuan, Guling Depan, Media Video
The problem in this research is the lack of ability level roll forward learners class X Mia 3 SMA Muhammadiyah 1
Yogyakarta in learning Penjasorkes. Thus, this study aims to improve the ability of the front roll students in class
X Mia 3 Penjasorkes learning through the medium of video. Ni research is classroom action research which lasted
for two cycles, each cycle consisting of one meeting. The subjects of this study are students of class X Mia 3 SMA
Muhammadiyah 1 Yogyakarta totaling 19 learners. Data collection techniques used were observation and interviews
with teachers. The results showed that students of class X Mia 3 increased significantly after being given the ability to
act by the researcher. In the first cycle an increase in the value of completeness roll forward from the initial condition
of 21.05% to 36.84%. Such conditions do not meet the indicators of success or an increase reached 75.00%, so
that the action on the second cycle. In the second cycle increased the value of the thoroughness of the first cycle of
36.84% to 84.21%. It can be concluded that bolsters the ability of future students of class X Mia 3 in the following
study penjasorkes an increase in video media.
Keywords: Ability, Bolsters Home, Media Video
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya tingkat kemampuan guling depan peserta didik kelas X Mia
3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam pembelajaran Penjasorkes. Sehingga, dalam penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan guling depan peserta didik kelas X Mia 3 dalam pembelajaran Penjasorkes melalui
media Video.Penelitian ni adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari
satu pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mia 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang
berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap
guru.Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas X Mia 3 mengalami peningkatan kemampuan secara signifikan
setelah diberi tindakan oleh peneliti. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai ketuntasan guling depan dari kondisi
awal 21,05% menjadi 36,84%. Kondisi tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan atau terjadi peningkatan
mencapai 75,00%, sehingga dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai ketuntasan
dari siklus pertama 36,84% menjadi 84,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guling depan
siswa kelas X Mia 3 dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes terjadi peningkatan dengan media video.
Kata kunci: Kemampuan, Guling Depan, Media Video
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v12i1.10212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.