Model moving class, kompetensi pedagogik, motivasi dan disiplin belajar berbasis SEM-PLS

Mohammad Amin Lasaiba, Universitas Pattimura, Indonesia
Irvan Lasaiba, IAIN Ambon, Indonesia
Arman Man Arfa, IAIN Ambon, Indonesia
Djamila Lasaiba, IAIN Ambon, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji model moving class, kompetensi pedagogik guru, motivasi dan disiplin belajar dengan penggunaan Structural Equation Model (SEM) berbasis aplikasi SmartPLS. Lokasi dalam penelitian ini pada SMA 13 Ambon dengan sampel yang diambil secara random sampling dengan penggunaan angket sebanyak 41 siswa. Hasil yang diperoleh bahwa sebaran data dari nilai SLF > 0,5 sedangkan Nilai CR serta VE > 0,7. Nilai ini menunjukkan indikasi instrumen valid dan reliabel. Model hubungan antar variabel menunjukan model dikatakan baik berdasarkan nilai Q Square yang memiliki predictive relevance > nol, yaitu 0,321. Sedangkan untuk analisis SEM dengan t-tabel dan p-value < 0,05, sedangkan nilai R-square test dan path coefficient menunjukkan pengaruh nyata dan cukup signifikan. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran moving class dan kompetensi pedagogik dari guru berpengaruh terhadap motivasi dan kedisiplinan siswa

Keywords


moving class model, kompetensi pedagogik, motivasi belajar dan disiplin belajar

References


Agustin, Y. T., Gunanto, Y. E., & Listiani, T. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Siswa Kelas Ix Pada Pembelajaran Matematika Di Suatu Sekolah Kristen [the Relationship Between Learning Motivation and Learning Discipline of Grade 9 Mathematics Students At a Christian School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 32. https://doi.org/10.19166/johme.v1i1.716

Arysandhi, K. N., & Meitriana, M. A. (2014). Studi Komparatif Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS antara Moving Class dengan Kelas Menetap di SMP N 1 Kerambitan dan SMP N 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v2i1.12772

Blaskova, M., Blasko, R., Matuska, E., & Rosak-Szyrocka, J. (2015). Development of Key Competences of University Teachers and Managers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.755

Chotimah, M., & Oktarina, N. (2019). Pengaruh Penerapan Moving Class, Disiplin Belajar, dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 731–742. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31504

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3344

Eddy, W. (2012). Managemen “Moving Class” Sebagai Pengorganisasian Sumber Daya Pembelajaran. In Unpublished Doctoral Disertation, State University of Malang.

Ghozali, I. (2008). Model persamaan struktural: Konsep dan aplikasi dengan program AMOS 16.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakiki, M. (2020). Hubungan Kompetensi Kepribadian Dan Kecerdasan Emosional Guru Plk Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633–642. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.350

Hasnadi, H., & Nurmalina, N. (2022). Sistem Pembelajaran Moving Class Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 12–19. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.633

Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Isro, A., Supriyanto, S., & Karia, N. (2013). Kontribusi Moving Class Pada Pembelajaran Biologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology, 2(2), 181–189. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v2i2.2854

Kaur, S. (2013). Academic achievement in Relation to Achievement Motivation of High School Students. International Journal of Science and Research (IJSR), 2(12), 409–411. https://www.ijsr.net/archive/v2i12/MDIwMTM2NzI=.pdf

Koc, N., & Celik, B. (2015). The Impact of Number of Students per Teacher on Student Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177, 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.335

Kompri, M. P. I. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. In PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Kusumawardani, D. arnita, & Rustiana, A. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Administrasi Perkantoran Smk Wijayakusuma Jatilawang. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 58–69. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4682

Lasaiba, M. A., & Lasaiba, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(6), 9827–9839. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2412

Marina, M., Indrawati, H., & Suarman, S. (2019). Application of Moving Class Learning Models and Teacher Pedagogical Competence on Learning Motivation and Student Learning Discipline. Journal of Educational Sciences, 3(1), 72. https://doi.org/10.31258/jes.3.1.p.72-83

Mas, S. R. (2012). Hubungan kompetensi personal dan profesional guru dengan motivasi belajar siswa di SMKN 2 kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 212–219. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3400

Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027

Putrielis, E. (2018). Keterkaitan Penggunaan Moving Class Dengan Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Belajar Ekonomi Siswa Man 2 Model Pekanbaru. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Riau, 9(2), 125–139. https://doi.org/10.31258/pekbis.9.2.125-139

Rahman, A. M., Mutiani, & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ips. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, X(2), 375–387. https://doi.org/https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380

Ramdhani, M. T. (2016). Model Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Sistem Moving Class Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMP IT Sahabat Alam. Anterior Jurnal, 15(2), 212–221. https://doi.org/10.33084/anterior.v15i2.64

Sagala, S. (2013). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan: pembuka ruang krativitas, inovasi dan pemberdayaan potensi sekolah dalam sistem otonomi sekolah. In Alfa Beta, Bandung.

Satriami, W., Darmiany, & Saputra, H. H. (2021). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gugus I Lopok Kota Sumbawa Correlation of Teacher Personality Competence With Discipline of Student Learning in Grade 5 At Sd Negeri Gugus I Lopok Academic Year 2020 / 20. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 30–34. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/67/57

Sintara, S. T., & Pramusinto, H. (2015). Pengaruh Penerapan Sistem Moving Class Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Siswa Kelas Xi Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 956–968. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/8546

Suparji, S. (2012). Korelasi Antara Implementasi Moving Class Dengan Motivasi Belajar Siswa. Cakrawala Pendidikan, 15(2), 217–227. https://doi.org/DOI: 10.21831/cp.v5i2.1558

Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh motivasi kerja dan gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan (studi kasus pada pt. Pln (persero) apd semarang). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.12777/jati.7.2.77-84

Syah, M. (2014). Telaah singkat perkembangan peserta didik. Jakarta: Rajawali Pers.

Tabi’in, A. (2016). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Al-Thariqah, 1(2), 156–171. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629

Yoesana, U. (2013). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Pemerintahan Integratif, 1(1), 13–27. https://www.printfriendly.com/p/g/Hp8aVC




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v17i1.56840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats