Pengaruh model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD Jarakan Sewon Bantul

Eni Purwaaktari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika dan sikap sosial siswa kelas V SD
Jarakan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain randomized
pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V
SD Jarakan pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas 5a,
5b, 5c, dan 5d. Sampel sejumlah tiga kelas (dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan
satu kelas sebagai kelompok kontrol) ditentukan melalui pengundian. Data dikumpulkan
menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen tes dan angket diperoleh dari expert
judgement sedangkan estimasi reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji t dan uji2 Hotelling’s dengan taraf
signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan
signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan
masalah Matematika siswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan
model collaborative learning terhadap sikap sosial siswa, dan (3) terdapat pengaruh positif
dan signifikan penggunaan model collaborative learning terhadap kemampuan pemecahan
masalah Matematika dan sikap sosial siswa yang diteliti

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats